Mengenal Cara Kerja Engine Brake pada Mobil Matik

Kompas.com - 17/06/2022, 14:31 WIB

 

JAKARTA,KOMPAS.com - Tak hanya pada mobil transmisi manual, teknik engine brake juga bisa dilakukan untuk mobil dengan sistem transmisi matik.

Seperti diketahui, engine brake berguna untuk mereduksi kecepatan mobil, tapi perlu ditekankan perannya bukan untuk menggantikan rem. 

Lebih tepatnya, engine brake bisa dilakukan untuk membantu proses pengereman. Dengan demikian membuat kerja rem lebih ringan dan dalam beberapa kondisi bisa menghindari terjadinya rem blong.

Baca juga: Sering Macet, Pemerintah Berniat Bangun Jalan Tol Puncak

Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVT

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, mobil matik bisa menggunakan engine brake dengan memindah tuas transmisi dari posisi D ke lebih rendah.

Contoh dari D ke gigi 3 atau 2 secara berlahan. Rata-rata mobil matik modern, jika menuruni medan curam bisa mengeser tuas ke posisi  low gear (L). 

"Cara menggunakan engine brake, dengan memindah tuas transmisi dari D ke 3 atau 2, atau bisa yang ke lebih rendah. Tetapi, sebaiknya dilakukan pada kecepatan rendah," ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (17/6/2022). 

Baca juga: Mana Lebih Irit, Mobil Transmisi Matik atau Manual?

Misalnya, mobil sedang melaju pada kecepatan 30 kilometer per jam (Kpj), idealnya jika turunan panjang pengemudi bisa mengoper gigi secara bertahap sesuai putaran mesin agar tidak mengalami overspeed

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota All New Avanza

Tapi Didi menyarankan, sebaiknya penggunaan engine brake dilakukan jika menghadapi jalan menurun tajam. Dengan demikian pengguna mobil matik tak hanya mengandalkan kerja rem yang cukup berat bila dilakukan secara terus-menerus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.