Mengecek Kondisi Air Aki Kendaraan Minimal Sebulan Sekali

Kompas.com - 17/06/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Air aki pada mobil akan selalu berkurang seiring dengan pemakaian, sehingga pengguna wajib memeriksa level air secara rutin, dan jangan sampai telat.

Jika telat, maka air aki bisa saja habis dan menyebabkan kerusakan pada komponen di dalam aki tersebut. Tentu hal itu tidak diinginkan oleh setiap pemilik kendaraan.

Maka dari itu ada beberapa pengendara yang lebih memilih aki bebas perawatan, atau aki kering. Alasannya, lebih mudah dan aman karena tidak perlu memeriksa air aki setiap waktu. Jika saat ini aki mobil Anda termasuk tipe basah, maka wajib memeriksa air aki secara rutin.

Baca juga: Bahaya Isi Ulang Pakai Air Aki Botol Tutup Merah

Ilustrasi tambah air akiSuparna Ilustrasi tambah air aki

Kepala Toko Shop & Drive Penggaron Suprawitno menyarankan perlu memeriksa level air aki secara rutin, durasinya bisa tergantung dari seberapa sering mobil tersebut dikendarai.

“Untuk pemakaian wajar bisa dilakukan pengecekan air aki dua bulan sekali, tapi jika mobil tersebut digunakan hampir sepanjang hari setiap harinya, seperti ojek online gitu, maka saya menyarankan untuk memeriksa level air aki sebulan sekali,” ucap Suprawitno kepada Kompas.com, Kamis (16/6/2022).

Dari keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa air aki memang bisa berkurang dengan sendirinya atau menguap karena terjadi reaksi kimia selama digunakan.

Berhubung berkurangnya air aki ini relatif cepat, maka pemilik kendaraan perlu memeriksanya setiap dua belan sekali atau sebulan sekali untuk kendaraan dengan mobilitas tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.