Yamaha Santai Balapan Tanpa Dukungan Tim Satelit di MotoGP

Kompas.com - 17/06/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim ini, Yamaha semakin di depan berkat Fabio Quartararo. Tapi, hanya dia seorang dan pebalap Yamaha lainnya jauh dari kompetitif.

Tak heran jika tim satelit WithU RNF Yamaha memutuskan untuk pindah ke pabrikan lain. Pilihannya jatuh pada Aprilia yang saat ini terlihat kompetitif dengan Aleix Espargaro.

Baca juga: Marquez Absen, Yamaha Targetkan Kemenangan di Sachsenring

Keputusan tersebut meninggalkan Yamaha tanpa tim satelit yang mendukungnya untuk musim depan. Selama ini, Yamaha selalu menurunkan empat motor di kelas MotoGP, dua dari tim pabrikan dan dua dari tim satelit.

Pebalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 4 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).GARRY LOTULUNG Pebalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 4 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).

Semua tim satelit sudah memiliki kontrak dengan masing-masing pabrikan. Tech3 dengan KTM hingga akhir 2026, LCR dan Honda hingga akhir 2024, Gresini dan Ducati hingga 2023, dan Mooney VR46 bersama Ducati hingga akhir 2025.

Meski demikian, Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis mengatakan, tidak memiliki tim satelit tidak masalah bagi Yamaha untuk sekarang ini.

Baca juga: Tak Cocok Pakai Yamaha, Dovizioso Makin Terpuruk di Papan Klasemen

"Menurut saya, tidak ada tim satelit tidak akan menyakiti kami dalam jangka pendek, karena kami tidak harus membangun pebalap muda bertalenta untuk 2023," ujar Lin Jarvis, dikutip Speedweek.com, Kamis (16/6/2022).

Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022Dok. MotoGP Peluncuran tim dan livery WithU RNF Yamaha untuk MotoGP 2022

Lin Jarvis menambahkan, saat ini Yamaha sudah memiliki dua pebalap muda yang bertalenta, yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli.

"Kontrak Fabio hingga akhir 2024 dan kontrak Franky hingga akhir 2023. Target kami adalah membuatnya menjadi kompetitif lagi dan menyediakan Fabio dan Franky dengan paket motor sebaik mungkin," kata Lin Jarvis.

Menurutnya, tidak ada yang pernah tahu bagaimana ke depannya di MotoGP. Banyak hal berubah dengan sangat cepat. Sehingga, dia pun tidak khawatir harus balapan tanpa tim satelit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.