Tak Cocok Pakai Yamaha, Dovizioso Makin Terpuruk di Papan Klasemen

Kompas.com - 15/06/2022, 10:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Sembilan seri berlalu Andrea Dovizioso justru makin terpuruk di papan bawah klasemen. Pebalap WithU Yamaha RNF itu baru mengoleksi 8 poin dan berada di posisi ke-22.

Mantan pebalap Ducati itu mengatakan dia tidak dapat menyesuaikan gaya balapnya dengan motor Yamaha YZR-M1. Keadaannya diperparah sebab Yamaha mengembangkan motor berdasarkan permintaan Fabio Quartararo.

Baca juga: Cek Komponen Mobil Ini Setelah Terabas Banjir

Secara tersirat Dovi pasrah dengan kondisinya saat ini bahkan jika artinya harus mundur dari MotoGP musim depan.

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Andrea Dovizioso berjalan saat sesi tes pramusim MotoGP 2022  di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.ANDIKA WAHYU Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team Andrea Dovizioso berjalan saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.

"Saya membayangkan bahwa dari luar tidak mungkin untuk memahami detail tertentu. Beberapa hal dapat dilihat dengan cukup baik, tetapi yang lain tidak dapat dilihat. Sangat jelas bagi saya apa yang akan terjadi. Tetapi orang-orang tidak memiliki gambaran lengkap tentang apa yang terjadi dan mengapa itu terjadi,” ujar Dovi mengutip Corsedimoto, Selasa (14/6/2022).

Pebalap asal Forli itu mengatakan, ini bukan masalah usia. Menurutnya dia masih kompetitif meski dia saat ini merupakan pebalap tertua di lintasan. Ini murni karena motor yang tidak cocok.

Baca juga: Honda Mobil Buka Bengkel Resmi di Tomohon

Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Andrea Dovizioso saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

"Ini bukan tentang motivasi dan usia . Tentu saja, semuanya memiliki pengaruhnya. Tapi hampir semuanya tergantung dari karakteristik motornya. Jika saya menempatkan pebalap tertentu pada motor tertentu, hal yang sama akan terjadi," ungkapnya.

Menyambut seri berikutnya di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Dovi pun tak banyak berkomentar. Dia menyebut tahun lalu Yamaha kesulitan di trek ini, maka tahun ini hal tersebut bisa kembali terjadi.

“Sachsenring adalah trek yang sangat berbeda dari biasanya. Tahun lalu, Yamaha sedikit kesulitan di sirkuit ini, jadi saya tidak tahu apa yang bisa kami harapkan," ungkap Dovi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.