Kompas.com - 15/06/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Jerman sering kali memberikan tontonan seru yang berbeda dari seri lainnya. Salah satunya terjadi pada musim 2014, di mana banyak pebalap yang start dari pit di Sachsenring.

Pada saat itu, barisan paling depan berhasil dikuasai oleh para pebalap Honda. Duo Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, di urutan pertama dan kedua. Sedangkan urutan ketiga, ada Stefan Bradl yang masih berada di tim LCR Honda.

Posisi keempat ditempati oleh Aleix Espargaro yang saat itu membalap untuk tim NGM Forward Racing. Sedangkan posisi kelima dan keenam, ada Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Baca juga: Banyak Berubah, Dovizioso Sebut MotoGP Makin Sulit Diprediksi

Saat pebalap akan berbaris di grid, hujan dengan intensitas ringan turun. Banyak para pebalap yang memutuskan untuk mengganti ban basah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Namun, saat para pebalap melakukan warm up lap untuk kembali berbaris di grid, trek sudah mengering. Banyak pebalap yang memutuskan untuk mengganti motor yang sudah dilengkapi dengan ban kering atau tipe slick.

Sesuai regulasi, maka para pebalap tersebut diharuskan untuk start dari pit. Alhasil, hanya ada sembilan pebalap yang start dari grid. Sementara 14 pebalap lainnya start dari pit.

Baca juga: Tolak Tim Satelit MotoGP, Toprak Pilih Bertahan di WorldSBK

Sementara Bradl yang merupakan pebalap tuan rumah, sudah lebih dulu mengganti bannya dengan tipe slick sebelum melakukan warm up lap. Sehingga, terlihat dirinya start jauh di depan. Sedangkan pebalap lainnya yang ada di grid, berada di barisan keenam dan seterusnya.

Marquez yang juga terpaksa start dari grid tetap berhasil mempertahankan kemenangan. Sedangkan podium kedua dan ketiga, diisi oleh Pedrosa dan Lorenzo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.