Kompas.com - 15/06/2022, 06:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Pengendara sepeda motor sering kali tidak punya pengetahuan tentang berkendara yang baik. Masih banyak yang salah saat memegang setang motor.

Posisi tangan kerap terbalik saat memegang setang motor sehingga berisiko terhadap kurangnya antisipasi jika terjadi sesuatu di jalan raya.

Baca juga: Cek Komponen Mobil Ini Setelah Terabas Banjir

"Jadi cara seseorang memegang kemudi itu untuk menjaga keseimbangan dengan baik. Selain itu, agar pengendara lebih mudah dalam melakukan manuver," kata Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Maka dari itu, posisi memegang kemudi motor yang benar yaitu pengendara sebaiknya meletakkan ibu jari di bagian bawah hand grip dan telapak tangan menghadap ke bawah.

Hal tersebut agar ketika ada gangguan seperti jalan rusak atau berlubang, pegangan pengemudi lebih kuat.


Jika memegang throttle gas dengan telapak tangan menghadap ke atas dan ibu jari berada di atas handle, dikhawatirkan saat ada lubang atau jalanan rusak pegangan kemudi akan terlepas.

Apalagi jika jalan yang dilewati licin, jika tidak kuat pada saat memegang setang, bisa saja tidak siap bermanuver sehingga terjadi kecelakaan.

Ilustrasi pengendara motor trail di AHM Safety Riding dan Training Centerastra-honda.com Ilustrasi pengendara motor trail di AHM Safety Riding dan Training Center

"Kemudian berikan jarak satu jari pada bagian dalam setang motor. Jangan terlalu rapat ke bagian dalam, supaya pergerakan ketika narik gasnya itu lebih nyaman," kata Agus.

Baca juga: Polda Jatim Turunkan 52 ETLE Mobile Selama Operasi Patuh Semeru 2022

Kemudian, baiknya posisi jari yang aman dalam memegang kemudi yaitu menggenggam secara keseluruhan ke tuas gas. Ketika akan melakukan pengereman, lakukan pengereman dengan menggunakan empat jari agar gas tertutup penuh dan membantu dalam pengereman.

Tidak disarankan untuk menaruh jari tangan di handle rem sepeda motor, hal itu dikhawatirkan akan membuat genggaman pada setang motor tidak terlalu kuat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.