Polisi Fokus Cari Pengguna Rotator dan Pelat Khusus, Langsung Copot di Tempat

Kompas.com - 14/06/2022, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Operasi Patuh Jaya 2022 dimulai sejak Senin (13/6/2022) hingga 26 Juni 2022 mendatang. Penggunaan rotator dan pelat khusus menjadi salah satu fokus penindakan polisi selama operasi ini.

Masih banyak ditemukan di jalan pengguna rotator dan pelat khusus yang melanggar atau tidak sesuai peruntukannya. Akan ada pengawasan dan penindakan kepada para pelanggar.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menjelaskan bahwa pihaknya tidak akan mengistimewakan kendaraan pelat khusus RF dan sejenisnya.

Baca juga: Video Viral Tarif Pelat Nomor Pilihan 168 Disebut Lebih Mahal, Ini Penjelasan Polisi

"Penekanannya adalah untuk penggunaaan rotator dan penggunaan pelat khusus. Tidak ada keistimewaan yang menggunakan rotator dan yang menggunakan pelat-pelat khusus," ucap Fadil, Senin (13/6/2022).

Ia juga meminta jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya untuk memperketat pengawasan penggunaan rotator dan pelat khusus oleh pengendara yang tidak sesuai peruntukannya.

"Saya sudah minta Ditlantas untuk segera menindak pengendara yang pelanggarannya berulang kalau perlu dianggap bobotnya tinggi kita cabut saja. Kita sedang evaluasi soal itu. Jadi tidak ada keistimewaan untuk itu, kan jelas itu hanya pejabat-pejabat eselon satu, Menteri, serta Dirjen ya," ucap Fadil.

Selama pelaksanaan operasi tersebut, Fadil mengatakan bahwa Polda Metro Jaya tidak segan-segan mencopot rotator dan pelat khusus pada kendaraan yang terbukti melanggar.

Ia juga akan mengevaluasi dan memperketat pengawasan petugas di lapangan untuk menindak jenis pelanggaran yang ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.