Jembatan Curug Bekasi Kena Proyek Kereta Cepat, Ini Kendaraan yang Bisa Lewat

Kompas.com - 14/06/2022, 14:57 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comJembatan Antilope atau yang dikenal sebagai Jembatan Curug di Bekasi, Jawa Barat, jadi jalan alternatif bagi masyarakat yang ingin menuju Pondok Gede dari Kalimalang, atau arah sebaliknya.

Baru-baru ini jalur tersebut terkena pemasangan girder proyek kereta cepat. Alhasil tidak semua kendaraan bisa melintasi jalan itu.

Humas Kementerian PUPR Wibisono mengatakan, konstruksi tersebut milik PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) yang berlokasi di sekitar Tol Japek Km 5-6.

Baca juga: Pengguna Mobil Matik Wajib Lakukan Ini Agar Transmisi Awet

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INFO PONDOK GEDE (@info_pondokgede)

 

Menurutnya, proyek KCIC bukan proyek jalan tol, atau yang dikelola oleh Kementerian PUPR secara langsung.

Meski begitu, ia mengimbau masyarakat agar menghindari jalur tersebut. Sebab hanya kendaraan tertentu yang bisa lewat.

“Jadi lalu lintas di bawah tetap berjalan dengan pembatasan ketinggian 1,7 meter, hanya untuk roda dua,” kata Wibisono, kepada Kompas.com (14/6/2022).

Baca juga: Polisi Ancam Cabut Pelat Dewa pada Mobil yang Kerap Melanggar Aturan

Hoax jalan Tol Becakayu amblas, faktanya jalur Curug di Bekasi ditutup karena ada proyek kereta cepat.KOMPAS.com/ADITYO WISNU Hoax jalan Tol Becakayu amblas, faktanya jalur Curug di Bekasi ditutup karena ada proyek kereta cepat.

Walau demikian, berdasarkan pantauan Kompas.com, saat ini jalur tersebut masih bisa dilewati mobil dan motor.

Namun hanya untuk mobil jenis tertentu saja, seperti city car atau sedan. Low MPV juga bisa lewat, tapi harus dipastikan ketinggiannya tidak melebihi 1,7 meter.

Pasalnya, di lapangan terlihat beberapa Toyota Avanza masih bisa melintas. Seperti diketahui, Avanza memiliki dimensi 4.395 mm x 1.730 mm x 1.665 mm (PxLxT), dan tinggi 1.700 mm.

Baca juga: Honda Rilis CB250R Facelift, Ganteng Luar Dalam

Sementara motor sudah dipastikan bisa melewatinya, tapi harus tetap berhati-hati. Sedangkan truk ataupun bus, serta kendaraan besar lain dipastikan tidak bisa lewat.

Adapun bagi mobil penumpang dengan ukuran lebih tinggi dari Avanza, disarankan untuk melewati jalur alternatif lainnya. Semisal lewat Jalan Kapin Raya atau Jalan Raya Jatibening.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.