Kompas.com - 14/06/2022, 12:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Populasi bus tingkat di Indonesia saat ini sudah semakin banyak. Sebut saja Rosalia Indah, Harapan Jaya, Sempati Star, Primadona, dan masih banyak lagi.

Namun dari banyaknya bus tingkat yang berkeliaran di jalanan Indonesia, tentu ada satu operator yang menjadi pionirnya. Lalu siapa PO yang pertama kali menggunakan bodi bus tingkat sebagai armadanya?

PO Sempati Star merupakan operatur bus pertama yang menggunakan bus tingkat sebagai armadanya. Hal ini bermula saat karoseri Adiputro memamerkan produk bus tingkat pertamanya di GIIAS 2015.

Baca juga: Update Bus Tingkat Lorena, Masih Proses Pembuatan

Sleeper bus sempati starphinemo.com Sleeper bus sempati star

Saat itu, bodi yang digunakan adalah Jetbus 2+ Super Double Decker (SDD) yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542. Setelah pameran tersebut, PO Sempati Star yang bermarkas di Aceh langsung membeli.

Setelah pameran tersebut, bus yang baru dibeli tadi langsung dicat ulang dengan warna khas Sempati Star, kombinasi kuning dan merah. Barulah pada 2016, bus tingkat ini beroperasi di trayek Aceh-Medan.

Baca juga: Cerita Pasangan Bule Italia Touring ke Bali demi Vespa World Days


Untuk fasilitas yang ada di kabin bus ini bisa dibilang sangat mewah. Bahkan PO Sempati Star bisa dibilang menjadi yang pertama menawarkan sleeper seat di dek bawah, tepatnya di belakang kabin pengemudi.

Tidak sampai di situ, di dek bawah, bangku di belakangnya juga disusun 1-1 dan mendapatkan TV LED di setiap bangkunya untuk sistem hiburan. Sedangkan di dek atas, memakai susunan bangku 2-2 dengan sistem hiburan berupa AVOD.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.