Jangan Pindahkan Tuas Transmisi ke D Saat Putaran Mesin Masih Tinggi

Kompas.com - 14/06/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada saat awal dinyalakan, mesin mobil membutuhkan waktu untuk bisa mencapai suhu kerja. Biasanya, ketika belum tercapai maka putaran mesin masih cukup tinggi bisa sampai 1000 rpm lebih.

Nah, pada saat itu disarankan untuk tidak mengoperasikan transmisi matik dulu sebelum putaran mesin mencapai idle, yaitu sekitar 750 rpm. Selain mesin masih dingin, rupanya putaran mesin yang terlalu tinggi tidak disarankan untuk mengoperasikan transmisi.

Hal ini disampaikan oleh Pemilik Worner Matic bengkel spesialis transmisi otomatis Hermas Efendi Prabowo bahwa diperlukan menunggu sampai rpm idle baru aman untuk berjalan.

Baca juga: Cara Benar Mengemudikan Mobil Transmisi Matik di Lampu Merah

Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.Kompas.com/Alsadad Rudi Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

“Jika rpm tinggi dipaksa pindah dari N ke D sebetulnya ada semacam penyambungan mekanikal yang kasar. Hal itu berpotensi merusak komponen-komponen mekanikal,” ujar Hermas kepada Kompas.com, Selasa (13/6/2022)

Berdasarkan tes di lapangan, memang benar putaran mesin yang tinggi akan menghasilkan hentakan yang cukup kuat ketika transmisi tiba-tiba dimasukkan ke D.ini semacam spinning pada transmisi manual.

Menurut Hermas, hal seperti itu tidak perlu di lakukan lagi mengingat dapat merusak komponen transmisi AT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.