Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Trik Aman Parkir Mobil Transmisi Matik di Lahan Miring

Kompas.com - 14/06/2022, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin sempitnya lahan di perkotaan terkadang membuat orang kesulitan mencari tempat parkir mobil. Bahkan kadang ada daerah yang sebenarnya kurang layak karena tanah tidak rata atau miring.

Tidak menutup kemungkinan seseorang harus memarkir mobilnya di tempat yang sedikit menanjak atau menurun karena memang adanya itu. Apa boleh buat, daripada harus parkir ditempat yang lebih jauh lagi.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Selasa (13/6/2022) Kompas.com sudah bertanya pada ahlinya. Pemilik Worner Matic bengkel spesialis transmisi otomatis Hermas Efendi Prabowo menyampaikan langkah jitu untuk melakukan parkir di lahan miring dengan aman.

Baca juga: Biar Aman, Ini Cara Parkir Mundur Mobil yang Baik

Inilah penampakan truk trailer dan mobil minibus Isuzu terguling usai kecelakaan lalu lintas yang menewaskan pengendara sepeda motor dan seorang penumpangnya, di Jalan Hangtuah, Kota Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (13/6/2022).Dok. Satlantas Polres Bengkalis Inilah penampakan truk trailer dan mobil minibus Isuzu terguling usai kecelakaan lalu lintas yang menewaskan pengendara sepeda motor dan seorang penumpangnya, di Jalan Hangtuah, Kota Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (13/6/2022).

“Pastikan parking brakenya berfungsi dengan baik, sehingga mampu menahan mobil agar tidak menggelundung, baru kita tarik tuas transmisinya ke P,” kata Hermas kepada Kompas.com

Dengan aktifnya rem parkir lebih dulu, diharapkan tidak terjadi pergeseran kendaraan maju atau mundur. Sebab, bila ada pergeseran, padahal tuas transmisinya di P, itu nanti akan menyusahkan sewaktu mau keluar dari lokasi parkir.

“Kalau tuas transmisi sudah di P duluan itu nanti beban mobil akan tertahan pada cowel parkingnya transmisi, sehingga pas mau menggeser tuas dari p jadi kasar,” ucap Hermas.

Baca juga: Cuaca Esktrem, Hindari Parkir Mobil di 3 Lokasi Ini

Kendaraan yang parkir liar di area Dropzone Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ditindak. Penindakan ini dalam rangka memperlancar arus lalu lintas menyambut arus mudik, Senin (25/4/2022). (Istimewa) Kendaraan yang parkir liar di area Dropzone Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ditindak. Penindakan ini dalam rangka memperlancar arus lalu lintas menyambut arus mudik, Senin (25/4/2022). (Istimewa)

Di dalam transmisi, ada komponen yang bernama parking cowel yaitu sejenis jangkar yang akan menahan gear biar tidak berputar tapi memiliki toleransi cukup panjang. Jadi, mobil yang transmisinya di posisi P tanpa direm parkir itu masih bisa maju dan mundur sekian centimeter.

Nah, bila mana mobil ini mentok pada salah satunya; mundur atau maju saat poisis P, ini sama saja tuas transmisi nyangkut. Efeknya ketika tuas transmisi mau dipindah dari P akan berat, seberat beban kendaraan yang menggelundung di parkiran itu tadi.

Tuas transmisi tetap bisa dipaksa pindah dari P ke R dan seterusnya, tapi akan timbul bunyi tidak nyaman serta hentakan yang cukup keras. Tentu saja ini tidak sehat bagi mobil Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com