Kompas.com - 14/06/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin sempitnya lahan di perkotaan terkadang membuat orang kesulitan mencari tempat parkir mobil. Bahkan kadang ada daerah yang sebenarnya kurang layak karena tanah tidak rata atau miring.

Tidak menutup kemungkinan seseorang harus memarkir mobilnya di tempat yang sedikit menanjak atau menurun karena memang adanya itu. Apa boleh buat, daripada harus parkir ditempat yang lebih jauh lagi.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Selasa (13/6/2022) Kompas.com sudah bertanya pada ahlinya. Pemilik Worner Matic bengkel spesialis transmisi otomatis Hermas Efendi Prabowo menyampaikan langkah jitu untuk melakukan parkir di lahan miring dengan aman.

Baca juga: Biar Aman, Ini Cara Parkir Mundur Mobil yang Baik

Inilah penampakan truk trailer dan mobil minibus Isuzu terguling usai kecelakaan lalu lintas yang menewaskan pengendara sepeda motor dan seorang penumpangnya, di Jalan Hangtuah, Kota Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (13/6/2022).Dok. Satlantas Polres Bengkalis Inilah penampakan truk trailer dan mobil minibus Isuzu terguling usai kecelakaan lalu lintas yang menewaskan pengendara sepeda motor dan seorang penumpangnya, di Jalan Hangtuah, Kota Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau, Senin (13/6/2022).

“Pastikan parking brakenya berfungsi dengan baik, sehingga mampu menahan mobil agar tidak menggelundung, baru kita tarik tuas transmisinya ke P,” kata Hermas kepada Kompas.com

Dengan aktifnya rem parkir lebih dulu, diharapkan tidak terjadi pergeseran kendaraan maju atau mundur. Sebab, bila ada pergeseran, padahal tuas transmisinya di P, itu nanti akan menyusahkan sewaktu mau keluar dari lokasi parkir.

“Kalau tuas transmisi sudah di P duluan itu nanti beban mobil akan tertahan pada cowel parkingnya transmisi, sehingga pas mau menggeser tuas dari p jadi kasar,” ucap Hermas.

Baca juga: Cuaca Esktrem, Hindari Parkir Mobil di 3 Lokasi Ini

Kendaraan yang parkir liar di area Dropzone Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ditindak. Penindakan ini dalam rangka memperlancar arus lalu lintas menyambut arus mudik, Senin (25/4/2022). (Istimewa) Kendaraan yang parkir liar di area Dropzone Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta ditindak. Penindakan ini dalam rangka memperlancar arus lalu lintas menyambut arus mudik, Senin (25/4/2022). (Istimewa)

Di dalam transmisi, ada komponen yang bernama parking cowel yaitu sejenis jangkar yang akan menahan gear biar tidak berputar tapi memiliki toleransi cukup panjang. Jadi, mobil yang transmisinya di posisi P tanpa direm parkir itu masih bisa maju dan mundur sekian centimeter.

Nah, bila mana mobil ini mentok pada salah satunya; mundur atau maju saat poisis P, ini sama saja tuas transmisi nyangkut. Efeknya ketika tuas transmisi mau dipindah dari P akan berat, seberat beban kendaraan yang menggelundung di parkiran itu tadi.

Tuas transmisi tetap bisa dipaksa pindah dari P ke R dan seterusnya, tapi akan timbul bunyi tidak nyaman serta hentakan yang cukup keras. Tentu saja ini tidak sehat bagi mobil Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.