Bolehkah Pasang Suhu AC Mobil Paling Rendah atau Paling Dingin?

Kompas.com - 13/06/2022, 17:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin kabin atau air conditioner (AC) merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Terlebih bagi wilayah yang memiliki dua musim sebagaimana Indonesia.

Tak jarang pemilik kendaraan yang sering menyetel suhu AC mobil pada posisi paling rendah saat sedang hujan atau paling dingin ketika cuaca sedang terik.

Namun, ada yang beranggapan bahwa kebiasaan tersebut bisa membuat membuat freon cepat habis, hingga merusak kompresor AC. Lantas, benarkah demikian?

Baca juga: Merokok di Mobil Dapat Merusak Komponen AC

Kelvin Ong, Business Development Rotary Bintaro mengatakan, untuk penyetelan AC ke suhu paling rendah atau paling dingin tidak menjadi masalah.

“Semua tombol yang ada di dasbor itu boleh disetel sesuai kebutuhan, jadi tidak ada dampaknya,” ujar Kelvin saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Pengaturan AC dan kenop putar pilihan penggerak Toyota Hilux FaceliftKOMPAS.com/ADITYO WISNU Pengaturan AC dan kenop putar pilihan penggerak Toyota Hilux Facelift
Menurut Kelvin, beberapa orang awam beranggapan bahwa menyetel AC pada suhu yang paling dingin bisa membuat freon cepat habis, padahal hal tersebut tidak benar. Pada dasarnya freon tidak akan berkurang atau habis kecuali tidak ada kebocoran.

Anggapan selanjutnya adalah menyetel AC sampai pada suhu paling rendah bisa membuat kompresor tidak mau cut off. Kelvin melanjutkan, hal tersebut juga tidak benar.

Suhu AC itu kan suhu normalnya cut off di 8 sampai di 3 derajat celcius, misal mobil menggunakan termometer digital, kalau disetel paling low contoh suhu 7 derajat atau 6 derajat, nanti 6 derajat baru cut off,” ucap Kelvin.

Baca juga: Apa Benar Isi Bensin Malam Hari Bisa Dapat Takaran Lebih Banyak?

Kelvin melanjutkan, sama saja layaknya AC di rumah, di mana bisa disetel sesuai suhu yang diinginkan.

“Jadi memang temperatur kita setting, sama saja seperti AC rumah. Misal, kita setel di 18 nanti sampai suhu sekian baru cut off, kalau kita kedinginan baru dinaikan lagi suhunya,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.