Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cetak Rekor, Vespa World Days Jadi Atraksi Pariwisata Menarik di Bali

BADUNG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaraan Vespa World Days (VWD) 2022 di Bali, Indonesia.

Pasalnya, gelaran kelas dunia tersebut tidak hanya dihadiri ribuan dari penggemar Vespa tetapi juga berhasil menjadi atraksi menarik bagi para wisatawan dan masyarakat Bali.

"Saya sangat antusias dan mengapresiasi acara ini yang terbukti telah memecahkan rekor (kehadiran) peserta dan memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air," kata dia dalam keterangannya, Minggu (12/6/2022).

Dirinya pun berharap gelaran terkait bisa digelar kembali karena dapat membantu mempromosikan pariwisata di Indonesia. Terlebih, setelah perekonomian terdampak pandemi Covid-19 kemarin.

Diketahui, VWD berlangsung selama 9-12 Juni 2022 yang dipusatkan di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali. Selama empat hari itu banyak Vespitis dengan menggunakan berbagai tipe Vespa berkeliling Bali yang menarik perhatian masyarakat serta wisatawan di Bali.

Satu di antaranya, melakukan konvoi ke Desa Wisata Panglipuran, salah satu desa terbersih di dunia dan telah dianugerahi penghargaan desa wisata berkelanjutan UNWTO.

Rekor yang dicatat dari ajang tersebut adalah rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURDI) dimana VWD Bali sebagai rekor Asia karena untuk pertama kalinya Vespa World Day digelar di luar Eropa.

Selain itu VWD 2022 juga masuk nominasi rekor dunia sebagai acara VWD dengan peserta terbanyak. Diketahui VWD Bali peserta yang terdaftar sebanyak 8.985 peserta padahal Vespa World Days biasanya dihadiri sekitar 6.000-an orang.

"Selamat kepada Ketua Pelaksana VWD 2022 Bali, Danny Mamesah juga Bli Ekayana selaku Ketua Vespa Club Indonesia, juga Tito Maula selaku Committee VWD 2022 atas suksesnya penyelenggaraan Vespa World Days 2022," kata Sandiaga.

Ia pun mendorong komunitas otomotif lain dapat menyelenggarakan acara serupa. Tidak hanya di Bali, tapi juga di destinasi-destinasi lain tanah air terutama 5 destinasi super prioritas.

"Kita mendorong agar talenta-talenta ekonomi kreatif kita untuk terus meningkatkan kreativitas dalam bingkai inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," tambahnya.

Dalam kesempatan sama, Managing Director/County CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto Ladiega menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari Kemenparekaf/Baparekraf dalam penyelenggaraan VWD 2022.

Sebab, gelaran terkait tidak hanya untuk merek otomotif Vespa tetapi juga membawa membesarkan nama Indonesia sebagai negara yang luar biasa.

"Event ini tidak hanya untuk brand kami, tapi untuk Indonesia. Penting bagi kita untuk mendukung Indonesia setelah periode yang berat karena pandemi Covid-19, khususnya di Bali," kata Marco.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/13/173100515/cetak-rekor-vespa-world-days-jadi-atraksi-pariwisata-menarik-di-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke