Cek Lokasi Pelayanan SIM Keliling di Bekasi Pekan Ini

Kompas.com - 13/06/2022, 06:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dilakukan secara berkala atau 5 tahun sekali, agar masa berlaku SIM tidak mati. Pemilik kendaraan bermotor perlu melakukan perpanjangan sebelum 5 tahun.

Jika telat melakukan perpanjangan, maka pemilik kendaraan bermotor perlu melakukan pembuatan ulang. Prosesnya akan lebih rumit dan panjang ketimbang perpanjangan SIM.

Saat ini, pihak kepolisian menyediakan beberapa cara bagi pemohon yang ingin melakukan perpanjangan SIM, misalnya secara daring melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.

Baca juga: Baru Meluncur, Suzuki Ertiga Hybrid Langsung Diskon Rp 20 Juta

Pemohon juga bisa datang ke Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM keliling di beberapa wilayah terbatas di Kota Bekasi. Pelayanan SIM keliling ini beroperasi dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB.

Syarat untuk melakukan perpanjangan SIM di antaranya adalah masa berlaku SIM yang belum habis, membawa KTP atau surat keterangan pengganti KTP beserta foto kopinya, serta mematuhi protokol kesehatan selama proses perpanjangan. Perlu diingat, SIM keliling hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C.

Sesuai dengan PP Nomor 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, biaya perpanjangan SIM A adalah Rp 80.000, sedangkan untuk SIM C biayanya adalah Rp 75.000.

Berikut lokasi pelayanan SIM keliling di Kota Bekasi pekan ini:

  • Senin (13/6/2022): Carrefour Harapan Indah, Jl. Harapan Indah Raya No. 9E
  • Selasa (14/6/2022): Mega Bekasi Hypermall, Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 1
  • Rabu (15/6/2022): Metropolitan Mall Bekasi, Jl. KH Noer Ali
  • Kamis (16/6/2022): Bekasi Cyber Park (BCP), Jl. KH Noer Ali No. 177
  • Jumat (17/6/2022): Gateway Park LRT City, Jatibening
  • Sabtu (18/6/2022): Revo Town Bekasi, Jl. A. Yani No. Kav. 1
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.