Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkut Sepeda Pakai Mobil, Cari Cara yang Paling Aman dan Mudah

Kompas.com - 12/06/2022, 18:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Hobi bersepeda makin menjamur beberapa tahun terakhir di Indonesia. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang membawa sepeda di mobil pribadi.

Hal tersebut bertujuan untuk bersepeda selepas pulang kerja atau bersepeda jauh dari pusat kota.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika membawa sepeda dengan mobil, bisa di kabin mobil, di belakang atau bahkan di atas mobil.

Baca juga: Pabrik Vespa di Indonesia Akan Beroperasi Akhir Tahun 2022

Lalu, jika dari kacamata keselamatan berkendara apakah aman membawa sepeda di mobil?

Training Director Safety Defensive Consultant, Sony Susmana, menyarankan agar sebelum memutuskan membawa sepeda menggunakan mobil, ada baiknya mempertimbangan beberapa faktor terlebih dahulu.


“Yang pertama mudah dipantau, kedua tidak merepotkan pengemudi, dan yang paling penting tidak melebihi dimensi kendaraan dan aman selama dibawa,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Sony menilai, cara yang paling aman adalah meletakan sepeda di kabin mobil. Namun, harus disesuaikan dengan mobil yang mampu mengakomodir sepeda tersebut.

Towilfiets merupakan wisata desa yang bisa dinikmati sambil ngontel dengan sepeda tua. Dua bule dari negara Belanda tiba ke Towilfiest setelah pandemi Covid-19 berangsur hilang. Kedua turis keliling pedesaan di Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keduanya menikmati keindahan pedesaan dan ramahnya warga menyambut mereka. Bersepeda di bawah terik matahari tentu menguras tenaga, karenanya mereka menyempatkan rehat sejenak di bawah gubug kosong sawah warga.KOMPAS.COM/DANI JULIUS Towilfiets merupakan wisata desa yang bisa dinikmati sambil ngontel dengan sepeda tua. Dua bule dari negara Belanda tiba ke Towilfiest setelah pandemi Covid-19 berangsur hilang. Kedua turis keliling pedesaan di Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keduanya menikmati keindahan pedesaan dan ramahnya warga menyambut mereka. Bersepeda di bawah terik matahari tentu menguras tenaga, karenanya mereka menyempatkan rehat sejenak di bawah gubug kosong sawah warga.

“Jika pemilik kendaraan menggunakan mobil MPV lebih baik taruh dalam kabin, selain aman, murah juga. Sebab tidak perlu membeli bracket tambahan,” kata Sony.

Baca juga: KLX150 Series Jadi Tulang Punggung, Kawasaki Aman dari Krisis Cip

Untuk penempatan sepeda di belakang mobil, memang lebih mudah dipantau dari kaca spion, namun akan merepotkan pengemudi kala mundur atau sedang ingin parkir.

Jika sepeda diletakkan di atas kabin mobil, menurut Sony akan sangat sulit terpantau.
“Tidak hanya sulit dipantau, namun juga susah bongkar pasangnya dan rawan terkena pohon, portal atau kabel-kabel,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com