Daihatsu Sirion Terbaru Pakai CVT, Ini Alasannya

Kompas.com - 02/06/2022, 15:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Sirion terbaru resmi meluncur. Mobil yang bermain di segmen city car itu merupakan pembaruan dari All New Sirion yang meluncur pada 2018.

Sirion facelift hadir dengan dua varian yang hanya disedikan dalam pilihan transmisi CVT, yakni 1.3 X CVT dengan harga Rp 227.600.000 dan 1.3 R CVT seharga Rp 236.800.000.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Siapkan Kendaraan Listrik buat KTT G20 di Bali

Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022

Perubahan transmisi dari AT konvensional menjadi D-CVT bakal memberikan dampak besar, dan menjadi jawaban Daihatsu untuk mengimbangi rivalnya yakni Honda Brio.

Executive Coordinator Head of Product I Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Dendy Triyanto, mengatakan, pemilihan transmisi CVT ketimbang AT karena dianggap lebih sesuai dengan kebutuhan.

"Kalau CVT dibandingkan AT lebih irit CVT, karena kalau di putaran tinggi dia kerja mesinnya tidak terlalu berat. Sekitar 5 persen, 2-5 persen (lebih irit)," kata Dendy kepada Kompas.com, Kamis (2/6/2022).

Baca juga: Honda Luncurkan Motor Trail CRF450R Edisi 50 Tahun

Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022

Dendy mengatakan, pemilihan transmisi CVT bukan tanpa alasan. Selain disebut dapat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar juga mengikuti arahan global.

"Kenapa memilih CVT karena kita arahnya semua ke sana. Daihatsu Jepang sudah pakai CVT, jadi di kita mulai di upgrade. Orang suka yang CVT karena langsung (tidak ada jeda), ini baru pakai dual mode slip gear," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.