Ketahui 3 Titik Rawan Bocor pada Sistem Pendinginan Mesin Mobil

Kompas.com - 11/06/2022, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pendinginan mesin merupakan bagian penting pada kendaraan. Saking pentingnya, pengendara perlu memastikan level serta suhu air radiator setiap saat selama berkendara.

Maka dari itu di kotak speedometer tertera parameter suhu mesin. Sebab ketika suhu naik melebihi batas wajar, dan mobil terus dijalankan maka mesin bisa mengalami kerusakan fatal.

Salah satu faktor yang membuat suhu air radiator melebihi batas adalah air pendingin yang kurang. Sehingga dengan sisa air tersebut mesin tidak mampu didinginkan. Maka dari itu volume air radiator perlu selalu diperiksa.

Baca juga: Sering Air Radiator Habis, Padahal Tidak Ada Kebocoran

Ilustrasi mobil mogok karena overheatZulfana K. Rijal Ilustrasi mobil mogok karena overheat

 

Jika air radiator kurang, selain menambah air radiator, pemilik kendaraan juga perlu memeriksa kebocoran ke bengkel sesegera mungkin.

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan, kebocoran air radiator bisa diperiksa pada titik-titik rawan bocor, yang mana cara itu merupakan cara singkat pada pertolongan awal.

“Yang sering kan di water pump, sambungan selang, dan radiator,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (10/6/2022)

Baca juga: Begini Cara Benar Isi Air Radiator Mobil Sendiri

Ilustrasi mengisi radiator mobil.Dok. mobilku.org Ilustrasi mengisi radiator mobil.

Pengecekan ini berupa pemeriksaan secara visual, apakah di area tersebut ada tanda-tanda kebocoran seperti air berwarna merah atau hijau, menyesuaikan warna air radiator yang diaplikasikan pada mobil tersebut.

Jika memang ada kebocoran, biasanya akan meninggalkan jejak berupa kerak berwarna merah atau hijau. Bisa di dinding blok mesin, di ujung-ujung selang radiator atau di area radiator mulai dari cover radiator hingga kisi-kisinya.

Cara tersebut memang terkesan sederhana, tapi banyak digunakan oleh montir-montir pinggir jalan.

Jika memang menginginkan pengecekan secara profesional dengan menggunakan radiator tester maka sebaiknya mendatangi bengkel resmi atau bengkel kepercayaan yang sudah memiliki peralatan lengkap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.