Etika Berkendara Lewat Persimpangan, Jangan Asal Tancap Gas

Kompas.com - 10/06/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara, tidak jarang pengemudi kendaraan bermotor dihadapkan pada persimpangan jalan. Umumnya, ada lampu lalu lintas dan rambu-rambu yang mengingatkan pengemudi agar lebih hati-hati.

Pengemudi kendaraan bermotor harus lebih hati-hati saat melintas di persimpangan jalan. Area ini sangat rawan kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: 5 Aksesori Mobil yang Sebenarnya Berbahaya, tapi Tetap Dijual Bebas

Seperti yang terekam dalam unggahan milik akun Instagram @dashcamindonesia, Jumat (10/6/2022). Terjadi di Kabupaten Kaltingan, Kalimantan Tengah, pengendara motor tertabrak satu unit ambulans yang sedang melaju kencang di persimpangan jalan.

Pengendara motor tersebut terlihat akan menyeberangi persimpangan, sementara ambulans tengah melaju lurus. Tabrakan pun tidak terhindari.

Belum diketahui lagi keadaan terkini pengemudi ambulans maupun pengendara sepeda motor yang tertabrak.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa persimpangan jalan memang lokasi yang rawan kecelakaan.

PerempatanKompas.com/Fathan Radityasani Perempatan

Baca juga: Begini Cara Cek Tilang Elektronik di Jalan Tol secara Online

"Persimpangan jalan adalah titik pertemuan kendaraan dari arah yang berbeda-beda, sudah pasti berbahaya," ucap Sony.

Seringkali, pengemudi tidak waspada saat melaju melintasi persimpangan jalan. Terlepas dari aba-aba lampu lalu lintas, pengemudi tetap harus awas terhadap kendaraan lain sebelum bermanuver.

"Jangan merasa egois ketika berada di jalan, berusaha untuk berpikir positif jika memang ada kendaraan yang terburu-buru, mungkin mereka memiliki kepentingan yang mendesak," ucap Sony.

Salah satu kebiasaan yang harus dilakukan saat melintas di persimpangan jalan adalah menurunkan kecepatan.

Sony menekankan, pengemudi kendaraan bermotor harus memastikan bahwa lalu lintas di sekitarnya aman untuk dilalui, dan tidak memaksakan diri atau berasumsi bahwa orang lain akan memberikan jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.