GP Catalunya, Rins Kritik Nakagami, Race Director, dan Stewards

Kompas.com - 07/06/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins, kembali gagal finis di GP Catalunya, yang digelar di Circuit de Barcelona, Minggu (5/6/2022).

Rins mengalami kecelakaan di tikungan pertama saat balapan baru saja dimulai. Ia tersapu motor Takaaki Nakagami yang mengalami low side, akibat masuk tikungan terlalu cepat dan terlambat melakukan pengereman.

Tak hanya Rins, pebalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia juga terjatuh usai Nakagami menyenggol ban belakang motornya.

Usai insiden tersebut, memang sempat dilakukan penyelidikan oleh pihak terkait oleh Race Director dan Steward MotoGP dari FIM. Namun, hasilnya tidak ada sanksi apapun yang diberikan kepada Nakagami.

Baca juga: Bagnaia Sebut Nakagami Tak Pakai Otak

Alex Rins pun mengungkapkan kekesalannya, sebab insiden yang melibatkan Nakagami dan dirinya bukan yang pertama kali terjadi.

Pada pekan lalu, Rins juga mengalami senggolan dengan Nakagami pada putaran kedelapan GP Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello. Saat itu Race Director dan Steward juga tidak mengambil langkah apapun.

“Pertama-tama aku berharap Taka baik-baik saja, karena aku melihatnya di rumah sakit dengan wajah yang sangat buruk. Tapi dia tidak bisa terus seperti ini. Dia tidak bisa berkendara seperti itu. Dia melewati batas,” ucap Rins dikutip dari Crash, Senin (6/6/2022).

“Tetapi hal kedua adalah tidak dapat diterima dan tidak masuk akal bahwa Race Direction, Stewards, mengatakan 'tidak ada tindakan lebih lanjut' tentang apa yang terjadi dalam balapan. Hari ini mereka menunjukkan bahwa Stewards tidak berada di level MotoGP,” lanjutnya.

Rins juga melanjutkan, Nakagami melintasi trek dengan gaya balapan yang berbahaya.Jika ada beberapa pebalap yang dekat dengannya, pasti akan mengalami kecelakaan juga.

"Kedua, dia mengerem sangat terlambat dan dia kehilangan bagian depan. Maksud saya, sudah jelas bukan?,” katanya.

Baca juga: Aleix Espargaro Minta Maaf dan Mengakui Salah Hitung

Terkait cedera akibat kecelakaan, Rins mengaku hasil pemeriksaan X-ray di medical centre Sirkuit Catalunya menunjukkan ada retak kecil pada pergelangan tangannya. Hal ini tentu membuatnya semakin kecewa, sebab ada potensi ia harus absen dalam balapan selanjutnya.

“Yang pasti, saya terluka sekarang. Kami berlomba dengan kecepatan 350 kilometer per jam dan ini bukan permainan, oke?! Jadi, seperti yang saya katakan, mereka (Steward) tidak berada di level yang sama,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.