Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

GP Catalunya, Rins Kritik Nakagami, Race Director, dan Stewards

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins, kembali gagal finis di GP Catalunya, yang digelar di Circuit de Barcelona, Minggu (5/6/2022).

Rins mengalami kecelakaan di tikungan pertama saat balapan baru saja dimulai. Ia tersapu motor Takaaki Nakagami yang mengalami low side, akibat masuk tikungan terlalu cepat dan terlambat melakukan pengereman.

Tak hanya Rins, pebalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia juga terjatuh usai Nakagami menyenggol ban belakang motornya.

Usai insiden tersebut, memang sempat dilakukan penyelidikan oleh pihak terkait oleh Race Director dan Steward MotoGP dari FIM. Namun, hasilnya tidak ada sanksi apapun yang diberikan kepada Nakagami.

Alex Rins pun mengungkapkan kekesalannya, sebab insiden yang melibatkan Nakagami dan dirinya bukan yang pertama kali terjadi.

Pada pekan lalu, Rins juga mengalami senggolan dengan Nakagami pada putaran kedelapan GP Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello. Saat itu Race Director dan Steward juga tidak mengambil langkah apapun.

“Tetapi hal kedua adalah tidak dapat diterima dan tidak masuk akal bahwa Race Direction, Stewards, mengatakan 'tidak ada tindakan lebih lanjut' tentang apa yang terjadi dalam balapan. Hari ini mereka menunjukkan bahwa Stewards tidak berada di level MotoGP,” lanjutnya.

Rins juga melanjutkan, Nakagami melintasi trek dengan gaya balapan yang berbahaya.Jika ada beberapa pebalap yang dekat dengannya, pasti akan mengalami kecelakaan juga.

"Kedua, dia mengerem sangat terlambat dan dia kehilangan bagian depan. Maksud saya, sudah jelas bukan?,” katanya.

Terkait cedera akibat kecelakaan, Rins mengaku hasil pemeriksaan X-ray di medical centre Sirkuit Catalunya menunjukkan ada retak kecil pada pergelangan tangannya. Hal ini tentu membuatnya semakin kecewa, sebab ada potensi ia harus absen dalam balapan selanjutnya.

“Yang pasti, saya terluka sekarang. Kami berlomba dengan kecepatan 350 kilometer per jam dan ini bukan permainan, oke?! Jadi, seperti yang saya katakan, mereka (Steward) tidak berada di level yang sama,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/07/094200715/gp-catalunya-rins-kritik-nakagami-race-director-dan-stewards

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke