Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pol Espargaro Pasrah, Motor Honda RC213V Marquez Dipakai Nakagami

Kompas.com - 03/06/2022, 12:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez mulai absen pada MotoGP Catalunya untuk fokus pada penyembuhan cederanya. Posisinya Marquez akan digantikan oleh test rider Honda Racing Corporation (HRC), yakni Stefan Bradl.

Meski demikian, Bradl tidak akan menggunakan RC213V milik Marquez. Bahkan, tidak digunakan juga oleh rekan setimnya, yaitu Pol Espargaro, melainkan Takaaki Nakagami.

Baca juga: Mundur dari MotoGP 2022, Marc Marquez Kembali Digantikan Stefan Bradl

Motor tersebut sudah menggunakan sasis dan swingarm yang baru. Kedua komponen ini sedang dikembangkan oleh Marquez untuk meningkatkan kemampuan berbelok dan sensitivitas terhadap temperatur.

Pol Espargaro saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022BAY ISMOYO Pol Espargaro saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022

"Motornya Marc akan digunakan oleh Taka akhir pekan ini. Jadi, target saya adalah tetap dengan motor yang saya gunakan sejak Qatar dan mencoba untuk bisa secepat mungkin," ujar Pol, dikutip dari Crash.net, Jumat (3/6/2022).

Pol menambahkan, terkait pengembangan motor, bukan dirinya yang akan bertugas untuk melakukannya akhir pekan ini. Tapi, mungkin saja akan berganti pada sesi tes Senin setelah MotoGP Catalunya.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Padahal, Pol sudah mencoba untuk meminta motor yang digunakan Marquez. Dia mengaku penasaran dengan komponen baru yang sedang dicoba.

"Saya ingin mencoba komponen baru pada motor. Untuk meningkatkan situasi, hanya ada satu cara melakukannya, dengan mencoba komponen baru untuk meningkakan motor dan hasil," kata Pol.

Takaaki NakagamiTwitter/@takanakagami30 Takaaki Nakagami

"Jika Anda tidak melakukan sesuatu, Anda tidak akan meningkat. Ini cukup jelas, tapi Anda tahu meskipun begitu saya akan tetap mendorong seperti biasa dan lihat saja apakah akhir pekan ini sesuatu berubah dan kita bisa lebih cepat," ujarnya.

Pol mengatakan, dia sudah meminta komponen baru. Tapi, keputusan bukan di tangannya. Dia menambahkan, tugasnya hanyalah dibayar untuk mengendarai motor sekencang mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com