Kompas.com - 03/06/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez mulai absen pada MotoGP Catalunya untuk fokus pada penyembuhan cederanya. Posisinya Marquez akan digantikan oleh test rider Honda Racing Corporation (HRC), yakni Stefan Bradl.

Meski demikian, Bradl tidak akan menggunakan RC213V milik Marquez. Bahkan, tidak digunakan juga oleh rekan setimnya, yaitu Pol Espargaro, melainkan Takaaki Nakagami.

Baca juga: Mundur dari MotoGP 2022, Marc Marquez Kembali Digantikan Stefan Bradl

Motor tersebut sudah menggunakan sasis dan swingarm yang baru. Kedua komponen ini sedang dikembangkan oleh Marquez untuk meningkatkan kemampuan berbelok dan sensitivitas terhadap temperatur.

Pol Espargaro saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022BAY ISMOYO Pol Espargaro saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2022

"Motornya Marc akan digunakan oleh Taka akhir pekan ini. Jadi, target saya adalah tetap dengan motor yang saya gunakan sejak Qatar dan mencoba untuk bisa secepat mungkin," ujar Pol, dikutip dari Crash.net, Jumat (3/6/2022).

Pol menambahkan, terkait pengembangan motor, bukan dirinya yang akan bertugas untuk melakukannya akhir pekan ini. Tapi, mungkin saja akan berganti pada sesi tes Senin setelah MotoGP Catalunya.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

Padahal, Pol sudah mencoba untuk meminta motor yang digunakan Marquez. Dia mengaku penasaran dengan komponen baru yang sedang dicoba.

"Saya ingin mencoba komponen baru pada motor. Untuk meningkatkan situasi, hanya ada satu cara melakukannya, dengan mencoba komponen baru untuk meningkakan motor dan hasil," kata Pol.

Takaaki NakagamiTwitter/@takanakagami30 Takaaki Nakagami

"Jika Anda tidak melakukan sesuatu, Anda tidak akan meningkat. Ini cukup jelas, tapi Anda tahu meskipun begitu saya akan tetap mendorong seperti biasa dan lihat saja apakah akhir pekan ini sesuatu berubah dan kita bisa lebih cepat," ujarnya.

Pol mengatakan, dia sudah meminta komponen baru. Tapi, keputusan bukan di tangannya. Dia menambahkan, tugasnya hanyalah dibayar untuk mengendarai motor sekencang mungkin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.