Daihatsu Pilih Impor Sirion Ketimbang Produksi di Indonesia

Kompas.com - 03/06/2022, 08:42 WIB


TANGERANG, KOMPAS.com - Daihatsu Sirion facelift resmi meluncur di Indonesia. Mobil kota alias city car itu didatangkan dari Malaysia dalam wujud impor utuh atau Completely Built Up (CBU).

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani mengatakan, pihaknya memang belum akan memproduksi Sirion di Indonesia.

Baca juga: Mitsubishi Hadirkan Produk Unggulan di IIMS Surabaya 2022

Sri Agung mengatakan, pabrik Daihatsu di Indonesia memproduksi dua model yaitu segmen penumpang dan komersial. Adapun segmen penumpang lebih fokus untuk produksi model MPV dan SUV.

Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022

"Investasi kita sama dengan investasi yang dilakukan dengan kondisi market. Di penumpang kita fokus pada MPV dan juga SUV medium. Di komersial fokus untuk memperbesar Gran Max," katanya di Serpong, Tangerang, Kamis (2/6/2022).

Selain itu, segmen city car hatchback yang dihuni Sirion juga mengecil jika dibandingkan satu dasawarsa lalu.

"Tapi kalau ke depannya satu produk ini (Sirion) memang market bisa seberapa besar kita lihat dulu, karena untuk investasi sendiri kita harus mengikuti minimum volume," kata dia.

Baca juga: Kenali Penyebab Rem Motor Tiba-tiba Blong

Daihatsu New SirionFoto: Daihatsu Daihatsu New Sirion

Division Head Marketing & Customer Relation, Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, saat ini hanya tinggal tiga merek yang bersaing di kelas ini.

"Sirion ini masuknya ke dalam city car hatchback. Dulu pemainya banyak sekali tapi beberapa tahun kalau dilihat sekali tinggal beberapa brand saja termasuk Daihatsu," kata Hendrayadi.

Meski demikian Daihatsu tetap melansir Sirion facelift untuk menyediakan kebutuhan masyarakat. Adapun pasar terbesar kata Hendrayadi ialah segmen Low MPV, MPV LCGC dan SUV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.