Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Pilih Impor Sirion Ketimbang Produksi di Indonesia

Kompas.com - 03/06/2022, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Daihatsu Sirion facelift resmi meluncur di Indonesia. Mobil kota alias city car itu didatangkan dari Malaysia dalam wujud impor utuh atau Completely Built Up (CBU).

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani mengatakan, pihaknya memang belum akan memproduksi Sirion di Indonesia.

Baca juga: Mitsubishi Hadirkan Produk Unggulan di IIMS Surabaya 2022

Sri Agung mengatakan, pabrik Daihatsu di Indonesia memproduksi dua model yaitu segmen penumpang dan komersial. Adapun segmen penumpang lebih fokus untuk produksi model MPV dan SUV.

Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Sirion Facelift resmi meluncur di Indonesia, 2 Juni 2022

"Investasi kita sama dengan investasi yang dilakukan dengan kondisi market. Di penumpang kita fokus pada MPV dan juga SUV medium. Di komersial fokus untuk memperbesar Gran Max," katanya di Serpong, Tangerang, Kamis (2/6/2022).

Selain itu, segmen city car hatchback yang dihuni Sirion juga mengecil jika dibandingkan satu dasawarsa lalu.

"Tapi kalau ke depannya satu produk ini (Sirion) memang market bisa seberapa besar kita lihat dulu, karena untuk investasi sendiri kita harus mengikuti minimum volume," kata dia.

Baca juga: Kenali Penyebab Rem Motor Tiba-tiba Blong

Daihatsu New SirionFoto: Daihatsu Daihatsu New Sirion

Division Head Marketing & Customer Relation, Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, saat ini hanya tinggal tiga merek yang bersaing di kelas ini.

"Sirion ini masuknya ke dalam city car hatchback. Dulu pemainya banyak sekali tapi beberapa tahun kalau dilihat sekali tinggal beberapa brand saja termasuk Daihatsu," kata Hendrayadi.

Meski demikian Daihatsu tetap melansir Sirion facelift untuk menyediakan kebutuhan masyarakat. Adapun pasar terbesar kata Hendrayadi ialah segmen Low MPV, MPV LCGC dan SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com