Tidak Ada Pawang Hujan Selama Balapan Formula E 2022

Kompas.com - 03/06/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi cuaca buruk terjadi selama perhelatan Formula E 2022, pihak panitia telah menyiapkan beberapa skenario agar balapan tetap bisa berlangsung dengan aman.

Terkait penggunaan pawang hujan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta tidak akan menggunakan pawang hujan pada balapan yang akan dilangsungkan pada Sabtu (4/6/2022) mendatang.

Baca juga: Begini Anatomi Mobil Balap Listrik Formula E

"Formula E enggak ada pawang-pawangan. Kita bekerja sama dengan BMKG untuk memonitor perkembangan cuaca. Bila terang kita syukuri, bila hujan kita syukuri," ucap Anies seperti dikutip Kompas.com, Kamis (2/6/2022).

Pemprov DKI, menurut Anies, sudah bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk membantu memonitor perkembangan cuaca selama balapan.

Anies juga menegaskan, para pebalap Formula E sudah terbiasa menghadapi cuaca panas maupun hujan. Maka dari itu, tidak ada keterlibatan pawang hujan selama balapan Formula E berlangsung.


"Kami dari Pemprov DKI selalu menggunakan ilmu pengetahuan dan data dalam bekerja," ucap Anies.

Sebelumnya, beberapa skenario yang disiapkan oleh pihak panitia Formula E Operations (FEO) di antaranya mengeluarkan penonton dari grandstand dan menghentikan balapan untuk sementara waktu jika hujan deras.

Baca juga: Mulai 6 Juni 2022, Ini 25 Ruas Jalan di Jakarta yang Terapkan Ganjil Genap

"Tapi kalau hujan yang terjadi semacam yang terjadi hari-hari ini yang tidak bisa melihat maka balapan berhenti. Tapi kalau hujannya biasa ya lanjut," ucap Event Director FEO Gemma Roura Serra.

Jika hujan deras, balapan dihentikan demi keselamatan para pebalap. Meski begitu, Gemma menjelaskan bahwa sirkuit Formula E dilengkapi dengan sistem drainase, membuat lintasan cepat mengering setelah terjadi hujan deras dan bisa kembali digunakan dengan cepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.