Melalui Smart Hybrid, Suzuki Tawarkan Solusi Efisien yang Terjangkau

Kompas.com - 01/06/2022, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan secara resmi pada ajang IIMS di Maret 2022, dalam hitungan hari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal meluncurkan Ertiga Hybrid di Indonesia.

Menggunakan teknologi Suzuki Smart Hybrid, mobil elektrifikasi bergenre low multi purpose vehicle (LMPV) itu diklaim memiliki banyak manfaat yang jadi solusi bagi konsumen, seperti penghematan bahan bakar sampai berpartisipasi menurunkan emisi gas buang.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan, dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid yang tak lama lagi didapatkan melalui mobil elektrifikasi Suzuki untuk pasar Indonesia, diharapkan konsumen bisa merasakan manfaat dan pengalaman baru dalam berkendara.

"Sebagai merek yang sudah berpengalaman dan dipercaya publik, Suzuki berkomitmen dalam kepuasan konsumen serta mendukung upaya pemerintah dalam pelestarian lingkungan hidup untuk masa depan yang lebih baik," kata Donny, dalam keterangan resminya, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Skema Cicilan Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion

Teknologi Suzuki Smart Hybrid Vehicle System (SHVS)KOMPAS.com/STANLY RAVEL Teknologi Suzuki Smart Hybrid Vehicle System (SHVS)

Teknologi Suzuki Smart Hybrid diklaim bermanfaat dalam menghemat konsumsi bahan bakar, terutama untuk pemakaian di kota-kota besar yang identik dengan kemacetan.

Meski tak disebutkan berapa hasil konsumsi dari pengujian internal, tapi pernyataan itu seakan memberikan jawaban bila Ertiga Hybrid memiliki tingkat efisiensi yang lebih ramah kantong dibanding versi konvensional.

Smart Hybrid akan menggunakan Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-ion battery sebagai pendamping mesin pembakaran internal. Daya listrik dari baterai bisa terisi otomatis via regenerative deceleration, yang bekerja menyimpan ketika terjadi perlambatan kecepatan atau deselerasi.

Baca juga: Bagi Pengemudi Pemula, Begini Cara Atasi Mobil Gagal Menanjak


Menurut Donny, hal itu akan memudahkan konsumen dalam mengisi ulang daya lantaran tak perlu repot-repot ke ke stasiun pengisian kendaraan listrik atau SPKLU layaknya mobil listrik murni.

Tak hanya membawa teknologi elektrifikasi, konsumen Ertiga Hybrid juga akan dimanjakan dengan fitur dan teknologi baru seperti, Auto Start-Stop yang berguna mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti.

Hal ini juga berperan dalam menciptakan efisiensi yang lebih baik lantaran bisa meminimalkan penggunaan bahan bakar, getaran, juga suara mesin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.