Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melalui Smart Hybrid, Suzuki Tawarkan Solusi Efisien yang Terjangkau

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan secara resmi pada ajang IIMS di Maret 2022, dalam hitungan hari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal meluncurkan Ertiga Hybrid di Indonesia.

Menggunakan teknologi Suzuki Smart Hybrid, mobil elektrifikasi bergenre low multi purpose vehicle (LMPV) itu diklaim memiliki banyak manfaat yang jadi solusi bagi konsumen, seperti penghematan bahan bakar sampai berpartisipasi menurunkan emisi gas buang.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan, dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid yang tak lama lagi didapatkan melalui mobil elektrifikasi Suzuki untuk pasar Indonesia, diharapkan konsumen bisa merasakan manfaat dan pengalaman baru dalam berkendara.

"Sebagai merek yang sudah berpengalaman dan dipercaya publik, Suzuki berkomitmen dalam kepuasan konsumen serta mendukung upaya pemerintah dalam pelestarian lingkungan hidup untuk masa depan yang lebih baik," kata Donny, dalam keterangan resminya, Selasa (31/5/2022).

Teknologi Suzuki Smart Hybrid diklaim bermanfaat dalam menghemat konsumsi bahan bakar, terutama untuk pemakaian di kota-kota besar yang identik dengan kemacetan.

Meski tak disebutkan berapa hasil konsumsi dari pengujian internal, tapi pernyataan itu seakan memberikan jawaban bila Ertiga Hybrid memiliki tingkat efisiensi yang lebih ramah kantong dibanding versi konvensional.

Smart Hybrid akan menggunakan Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-ion battery sebagai pendamping mesin pembakaran internal. Daya listrik dari baterai bisa terisi otomatis via regenerative deceleration, yang bekerja menyimpan ketika terjadi perlambatan kecepatan atau deselerasi.


Menurut Donny, hal itu akan memudahkan konsumen dalam mengisi ulang daya lantaran tak perlu repot-repot ke ke stasiun pengisian kendaraan listrik atau SPKLU layaknya mobil listrik murni.

Tak hanya membawa teknologi elektrifikasi, konsumen Ertiga Hybrid juga akan dimanjakan dengan fitur dan teknologi baru seperti, Auto Start-Stop yang berguna mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti.

Hal ini juga berperan dalam menciptakan efisiensi yang lebih baik lantaran bisa meminimalkan penggunaan bahan bakar, getaran, juga suara mesin.

Dengan meningkatnya efisiensi bahan bakar, otomatis memberikan dampak pada pengurangan emisi gas buang.

Menurut Donny, nantinya mobil-mobil yang akan menggunakan teknologi Suzuki Smart Hybrid akan dipasarkan dengan harga yang kompetitif dan membuat biaya kepemilikan serta perawatan cukup terjangkau.

"Sebagai produsen yang berkomitmen menciptakan kendaraan yang efisien, ramah lingkungan, dan memiliki durabilitas tinggi, Suzuki akan terus berupaya mengembangkan teknologi baru menyediakan kendaraan yang ramah lingkungan tapi tetap terjangkau," kata Donny.

Seperti diketahui, dari unggahan pada akun sosial media resmi Suzuki, peluncuran Ertiga Hybrid bakal dihelat pada 10 Juni 2022.

Kehadiran LMPV hybrid ini cukup menarik, karena berdasarkan bocoran kenaikan harga tak begitu tinggi, yang bisa jadi membuat Ertiga sebagai mobil hybrid termurah nantinya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/01/093100315/melalui-smart-hybrid-suzuki-tawarkan-solusi-efisien-yang-terjangkau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke