Tips Pakai Standar Tengah bagi Pemotor Wanita

Kompas.com - 30/05/2022, 15:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Standar menjadi perangkat penting yang disematkan pada setiap sepeda motor. Tanpa adanya fitur ini, motor akan sulit stabil ketika hendak di parkir.

Standar pada motor ada dua jenis, yaitu bagian samping dan juga tengah atau sering disebut dengan standar dua.

Akan tetapi, bagi pengendara motor wanita kerap kesulitan menggunakan standar tengah. Alhasil, standar samping lebih banyak digunakan untuk memarkirkan motor.

Baca juga: Ini Fungsi Jalur Penyelamat di Jalan Tol

Meski terlihat sederhana, menggunakan standar dua pada motor menjadi beban tersendiri bagi wanita karen membutuhkan tenaga ekstra. Padahal, ada teknik agar tidak perlu pakai banyak tenaga

“Pastikan kondisi mesin motor dalam keadaan mati agar tidak ada pergerakan yang membahayakan terutama motor matik. Kemudian turunkan standar samping,” kata Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana saat dihubungi oleh Kompas.com.

Salah Seorang Pengendara Sepeda Motor Saat Menggunakan Standar Tengah 
Janlika Putri/ Kompas.com Salah Seorang Pengendara Sepeda Motor Saat Menggunakan Standar Tengah

Selanjutnya, untuk berjaga-jaga mencegah motor roboh, posisi tangan kiri memegang stang kiri dan tangan kanan memegang behel belakang. Selanjutnya, atur posisi untuk menegakkan motor.

“Dan injak standar tengah (kaki kanan). Tarik stang kiri ke arah belakang dan tangan kanan guna membantu mengangkat motor ke arah belakang,” kata Sony.


Sony juga menyarankan jangan memaksakan menggunakan standar dua bila di kondisi tidak memungkinkan. Jika sedang lelah akibat sedang tidak punya tenaga akan gagal dan berbahaya karena motor akan roboh.

“Standar dua pada motor memang lebih stabil dan membuat motor lebih awet (jangka panjang). Apabila kesulitan, sebaiknya tidak perlu dipaksakan dan gunakan saja standar samping,” kata Sony.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.