Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maaf, Mobil Listrik Mazda MX-30 Belum Hadir di GIIAS 2022

Kompas.com - 30/05/2022, 18:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dari merek Mazda, yaitu MX-30, di pasar dalam negeri agaknya masih membutuhkan waktu.

Pasalnya, pabrikan melalui agen pemegang mereknya, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengungkapkan bahwa mobil tersebut belum akan masuk dan dipamerkan dalam waktu dekat, tak terkecuali saat GIIAS 2022.

Sebagai gantinya, pihak EMI akan menghadirkan beberapa kejutan untuk para pecinta Mazda di Tanah Air pada tahun ini, seperti kehadiran produk baru.

Baca juga: Jangan Percaya Penuh dengan Google Maps, Bisa Malah Tersesat

Ilustrasi pengecasan baterai mobil listrik Mazda MX-30Dieter Daniels/newmobility.news Ilustrasi pengecasan baterai mobil listrik Mazda MX-30

"Mazda merupakan pabrikan yang unik, kami masih percaya bahwa ICE (Internal Combustion Engine) masih bisa dikembangkan dan diperluas lagi supaya menjadi rendah emisi," kata Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio di Jakarta, Senin (30/5/2022).

"Tapi bukan berarti kita tak percaya electrified vehicle (EV). Secara global kita sudah memiliki MX-30 dan sebanyak 12 produk elektrik akan hadir di 2025. Untuk di pameran GIIAS 2022, EV itu belum," tambahnya.

Ada beberapa pertimbangan yang melandasi hal tersebut. Salah satunya ialah kondisi pasar (permintaan) dan kesiapan infrastruktur pendukung.

Sebelumnya, Ricky menyatakan bahwa pihaknya sudah memiliki rencana untuk membawa dan memasarkan MX-30 di pasar dalam negeri. Tetapi tentu saja, setelah prinsipal menilai bahwa Indonesia sudah siap.

“Ada rencana (MX-30), dan sudah ada di pipeline. Namun untuk kapan masih rahasia,” kata dia.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Saat Indikator Aki pada Mobil Menyala

Mazda MX-30 telah diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019carsales.com.au Mazda MX-30 telah diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019

Sebagai informasi, Mazda MX-30 pertama kali diluncurkan pada ajang pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019. Mobil ini mengadopsi teknologi penggerak listrik e-Skyactiv.

Bicara soal dapur pacu, MX-30 mengusung motor listrik berjenis AC Synchronous yang menghasilkan tenaga 140 tk dan torsi 265 Nm.

Berdasarkan klaim pabrikan, mobil ini mampu menjelajah hingga 199,6 kilometer dalam satu kali pengisian baterai.

Adapun pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 sendiri, akan digelar lagi di ICE BSD, Banten pada 11-21 Agustus 2022 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com