Maaf, Mobil Listrik Mazda MX-30 Belum Hadir di GIIAS 2022

Kompas.com - 30/05/2022, 18:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dari merek Mazda, yaitu MX-30, di pasar dalam negeri agaknya masih membutuhkan waktu.

Pasalnya, pabrikan melalui agen pemegang mereknya, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengungkapkan bahwa mobil tersebut belum akan masuk dan dipamerkan dalam waktu dekat, tak terkecuali saat GIIAS 2022.

Sebagai gantinya, pihak EMI akan menghadirkan beberapa kejutan untuk para pecinta Mazda di Tanah Air pada tahun ini, seperti kehadiran produk baru.

Baca juga: Jangan Percaya Penuh dengan Google Maps, Bisa Malah Tersesat

Ilustrasi pengecasan baterai mobil listrik Mazda MX-30Dieter Daniels/newmobility.news Ilustrasi pengecasan baterai mobil listrik Mazda MX-30

"Mazda merupakan pabrikan yang unik, kami masih percaya bahwa ICE (Internal Combustion Engine) masih bisa dikembangkan dan diperluas lagi supaya menjadi rendah emisi," kata Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio di Jakarta, Senin (30/5/2022).

"Tapi bukan berarti kita tak percaya electrified vehicle (EV). Secara global kita sudah memiliki MX-30 dan sebanyak 12 produk elektrik akan hadir di 2025. Untuk di pameran GIIAS 2022, EV itu belum," tambahnya.

Ada beberapa pertimbangan yang melandasi hal tersebut. Salah satunya ialah kondisi pasar (permintaan) dan kesiapan infrastruktur pendukung.

Sebelumnya, Ricky menyatakan bahwa pihaknya sudah memiliki rencana untuk membawa dan memasarkan MX-30 di pasar dalam negeri. Tetapi tentu saja, setelah prinsipal menilai bahwa Indonesia sudah siap.

“Ada rencana (MX-30), dan sudah ada di pipeline. Namun untuk kapan masih rahasia,” kata dia.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Saat Indikator Aki pada Mobil Menyala

Mazda MX-30 telah diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019carsales.com.au Mazda MX-30 telah diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019

Sebagai informasi, Mazda MX-30 pertama kali diluncurkan pada ajang pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019. Mobil ini mengadopsi teknologi penggerak listrik e-Skyactiv.

Bicara soal dapur pacu, MX-30 mengusung motor listrik berjenis AC Synchronous yang menghasilkan tenaga 140 tk dan torsi 265 Nm.

Berdasarkan klaim pabrikan, mobil ini mampu menjelajah hingga 199,6 kilometer dalam satu kali pengisian baterai.

Adapun pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 sendiri, akan digelar lagi di ICE BSD, Banten pada 11-21 Agustus 2022 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.