Jangan Beli Pelat Nomor Putih Secara Online, Bisa Ditilang Polisi

Kompas.com - 24/05/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri mengimbau agar masyarakat tak gegabah membeli pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) berwarna dasar putih melalui platform belanja online.

Pasalnya hal tersebut merupakan tindak illegal. Artinya, pengendara yang sudah membeli dan menggunakan pelat itu bisa ditilang oleh petugas di lapangan.

"Yang mengeluarkan TNKB adalah polisi, bukan online. Kok dia (masyarakat) beli online, salah tidak? Ya salah. Jangan beli di online," kata Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Apa Itu Cip RFID pada Pelat Nomor Putih dan Fungsinya

Ilustrasi tampilan pelat putih dengan teknologi RFID di Eropa yang diproduksi oleh Toennjestoennjes.com Ilustrasi tampilan pelat putih dengan teknologi RFID di Eropa yang diproduksi oleh Toennjes

Ia pun menambahkan bahwa pelat nomor kendaraan baru berwarna putih yang dikeluarkan secara resmi oleh Polri memiliki spesifikasi khusus. Terutama agar terdeteksi oleh kamera ETLE.

Spesifikasi dimaksud, bersifat rahasia serta tidak bisa ditiru sepenuhnya oleh oknum manapun.

“Ada speknya (pelat nomor kendaraan putih), jadi saya edukasi kepada masyarakat untuk sabar, nanti juga berubah sendiri," ujar Yusri.

"Jangan beli di online, tunggu saja, speknya sudah bagus kok kita, nyala nanti kalau menyangkut ETLE,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, pada tahap awal Korlantas Polri hanya akan memberikan pelat nomor baru kepada kendaraan baru dan yang sudah habis masa berlakunya (5 tahunan).

Baca juga: Sudah Tahu, Apa Arti Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia?

Kebijakan ini diterapkan secara serentak alias nasional. Untuk pengguna pelat nomor lama (berwarna dasar hitam), masih berlaku hingga pada akhirnya berubah semua di 2027 mendatang.

Adapun aturan pelat nomor hanya dikeluarkan oleh Kepolisian tertuang dalam Pasal 39 ayat 5 Perkapolri Nomor 5 tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.