Motor Terendam Banjir, Cek Tangki Bensin agar Tak Timbul Karat

Kompas.com - 24/05/2022, 11:22 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir rob terjadi di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Banjir merendam banyak sepeda motor yang terparkir.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, motor yang terendam bajir mesti diketahui seberapa parah.

Baca juga: Sudah Tahu, Apa Arti Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia?

@dylan_store01 #portalsemarang #pelabuhansemarangtanjungmas #semarang #fypage ? suara asli - ?merindukan seseorang?

 

 

Usai cek mesin, maka cek kondisi tangki bahan bakar. Hal ini wajib buat motor yang terendam banjir melebihi tinggi tangki bensin.

"Selanjutnya tangki bahan bakar, kita harus cek apakah ada air yang masuk. Jika sudah kemasukan air biasanya mekanik bisa ambil tindakan yaitu menguras," katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Benarkah Ban Mobil Punya Masa Kedaluwarsa?

Hermen menjelaskan, air yang masuk ke tangki bensin akan mengendap di bagian dasar tangki karena massa air lebih berat. Air yang mengendap di tangki bisa tersedot fuel pump.

Tangki bensin dan bagasi Revo FI Tangki bensin dan bagasi Revo FI

Lebih jauh, jika tidak segera ditangani lama kelamaan air yang mengendap di dasar tangki bisa menjadi menimbulkan karat dan jadi penyebab kebocoran.

"Jika motor terendam alangkah baiknya bawa saja ke bengkel resmi terdekat karena jika terendam banjir biasanya memang harus ditangani oleh mekanik langsung," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.