Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Terendam Banjir, Cek Tangki Bensin agar Tak Timbul Karat

Kompas.com - 24/05/2022, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir rob terjadi di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Banjir merendam banyak sepeda motor yang terparkir.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, motor yang terendam bajir mesti diketahui seberapa parah.

Baca juga: Sudah Tahu, Apa Arti Warna Pelat Nomor Kendaraan di Indonesia?

@dylan_store01 #portalsemarang #pelabuhansemarangtanjungmas #semarang #fypage ? suara asli - ?merindukan seseorang?

 

 

Usai cek mesin, maka cek kondisi tangki bahan bakar. Hal ini wajib buat motor yang terendam banjir melebihi tinggi tangki bensin.

"Selanjutnya tangki bahan bakar, kita harus cek apakah ada air yang masuk. Jika sudah kemasukan air biasanya mekanik bisa ambil tindakan yaitu menguras," katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Benarkah Ban Mobil Punya Masa Kedaluwarsa?

Hermen menjelaskan, air yang masuk ke tangki bensin akan mengendap di bagian dasar tangki karena massa air lebih berat. Air yang mengendap di tangki bisa tersedot fuel pump.

Tangki bensin dan bagasi Revo FI Tangki bensin dan bagasi Revo FI

Lebih jauh, jika tidak segera ditangani lama kelamaan air yang mengendap di dasar tangki bisa menjadi menimbulkan karat dan jadi penyebab kebocoran.

"Jika motor terendam alangkah baiknya bawa saja ke bengkel resmi terdekat karena jika terendam banjir biasanya memang harus ditangani oleh mekanik langsung," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com