Aplikasi Bayar Tol Nirsentuh Bakal Bebas Kuota Internet?

Kompas.com - 23/05/2022, 14:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama lagi jalan tol di Indonesia akan memakai sistem transaksi nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Dengan adanya sistem ini, pengguna tol tak perlu melakukan tapping kartu di gerbang tol. Untuk tahap awal uji coba MLFF diharapkan berlaku pada akhir tahun.

Sementara untuk implementasi penuh di semua gerbang tol, direncanakan bakal dilakuka pada 2023.

MLFF akan berjalan dengan dukungan aplikasi Cantas. Rencananya aplikasi ini akan bebas kuota internet.

Baca juga: Mengapa Pengguna Pajero dan Fortuner Identik dengan Pengemudi Arogan?

 

Dengna demikian, penerapannya bisa terlaksana secara optimal dan meningkatkan efisiensi biaya operasi.

Perwakilan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Emil Iskandar mengatakan, saat ini pihaknya dalam tahap melakukan kerja sama dengan operator telekomunikasi.

"Aplikasi ini dampaknya pada pemakaian data atau kuota internet. Jadi, terkait pemakaian data kita dalam proses awal untuk melakukan kerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia," kata Emil belum lama ini.

"Karena, nanti kita menjadikan aplikasi Cantas itu sebagai aplikasi yang boleh dikatakan bebas kuota. Tetapi nanti model bisnisnya seperti apa dengan opeartor, kita sedang pikirkan," lanjut dia.

Baca juga: Mengenal Istilah MLFF, Bayar Tol Tanpa Sentuh

Emil mengatakan, pihaknya akan terus mencoba supaya penerapan skema MLFF tidak membebani masyarakat baik dalam bentuk biaya tambahan dan lainnya.

Sebab salah satu tantangan pada MLFF ialah biaya kuota internet, ketersediaan ponsel atau smartphone yang selalu terkoneksi dan tidak dalam kondisi baterai kosong.

Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Foto udara sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

Untuk tantangan lain yaitu mengenai tarif penggunaan tol dan hukumnya.

"Maka dari itu, kami buatkan solusi yang dinamakan Electronic On-Board Unit (e-OBU) dengan cara hanya mengunduh aplikasi, dan di dalamnya sudah ada built-in OBU-nya sehingga pengguna tol tidak perlu membeli perangkat OBU dalam bentuk fisik lagi," ucap Emil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.