Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi Bayar Tol Nirsentuh Bakal Bebas Kuota Internet?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama lagi jalan tol di Indonesia akan memakai sistem transaksi nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Dengan adanya sistem ini, pengguna tol tak perlu melakukan tapping kartu di gerbang tol. Untuk tahap awal uji coba MLFF diharapkan berlaku pada akhir tahun.

Sementara untuk implementasi penuh di semua gerbang tol, direncanakan bakal dilakuka pada 2023.

MLFF akan berjalan dengan dukungan aplikasi Cantas. Rencananya aplikasi ini akan bebas kuota internet.

Dengna demikian, penerapannya bisa terlaksana secara optimal dan meningkatkan efisiensi biaya operasi.

Perwakilan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Emil Iskandar mengatakan, saat ini pihaknya dalam tahap melakukan kerja sama dengan operator telekomunikasi.

"Aplikasi ini dampaknya pada pemakaian data atau kuota internet. Jadi, terkait pemakaian data kita dalam proses awal untuk melakukan kerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia," kata Emil belum lama ini.

"Karena, nanti kita menjadikan aplikasi Cantas itu sebagai aplikasi yang boleh dikatakan bebas kuota. Tetapi nanti model bisnisnya seperti apa dengan opeartor, kita sedang pikirkan," lanjut dia.

Emil mengatakan, pihaknya akan terus mencoba supaya penerapan skema MLFF tidak membebani masyarakat baik dalam bentuk biaya tambahan dan lainnya.

Sebab salah satu tantangan pada MLFF ialah biaya kuota internet, ketersediaan ponsel atau smartphone yang selalu terkoneksi dan tidak dalam kondisi baterai kosong.

Untuk tantangan lain yaitu mengenai tarif penggunaan tol dan hukumnya.

"Maka dari itu, kami buatkan solusi yang dinamakan Electronic On-Board Unit (e-OBU) dengan cara hanya mengunduh aplikasi, dan di dalamnya sudah ada built-in OBU-nya sehingga pengguna tol tidak perlu membeli perangkat OBU dalam bentuk fisik lagi," ucap Emil.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/23/141200315/aplikasi-bayar-tol-nirsentuh-bakal-bebas-kuota-internet-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke