Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karoseri Laksana Pamer Teknologi Kamera 360 pada Bus

Kompas.com - 23/05/2022, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini tersebar foto bus buatan Karoseri Laksana dengan bodi Legacy SR2 HD Prime menggunakan spion kamera serta empat kamera di sekujur bodi.

Foto ini pun diunggah akun e.dhika05 di Instagram, bus yang menggunakan teknologi tersebut adalah milik PO Eurostar Trans, operator bus pariwisata yang bermarkas di Kabupaten Semarang.

Terlihat bodi bus dengan kelir abu-abu dan emas ini dipasangi kamera pada bagian sampingnya sebagai pengganti spion. Selain itu satu kamera di sisi depan, kiri, kanan, dan belakang yang berfungsi sebagai kamera 360 derajat.

Baca juga: Diduga Rem Blong, Bus Peziarah Tabrak Rumah di Ciamis, 4 Orang Tewas

Teknologi spion kamera dan kamera 360 derajat yang dipasang di bus karyawan Karoseri LaksanaDOK. LAKSANABUS Teknologi spion kamera dan kamera 360 derajat yang dipasang di bus karyawan Karoseri Laksana

Ketika redaksi konfirmasi ke Karoseri Laksana, spion kamera dan kamera 360 derajat tadi memang produk asli dari karoseri yang bermarkas di Ungaran, Jawa Tengah. Jadi kamera tadi bukan dipasang sendiri, melainkan opsi dari Karoseri.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto menjelaskan, teknologi spion kamera dan kamera 360 derajat sebenarnya sudah lama digunakan oleh Karoseri Laksana, bahkan sebelum pandemi.

"Sebelumnya spion kamera dan kamera 360 derajat ini sudah dipasang di bus karyawan Karoseri Laksana. Kalau enggak salah sudah dipakai sejak sebelum pandemi Covid-19," ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (22/5/2022).

Baca juga: Isi Bensin Honda Beat Mahal, Ternyata Minum V-Power, Netizen Jerit


Uniknya, pada bodi bus karyawan ini tetap memakai spion tanduk. Jadi secara total ada empat spion, dua yang tanduk, dua lagi pakai kamera yang hasil tangkapan gambarnya ditampilkan pada layar LED di kabin pengemudi.

"Sebenarnya, teknologi spion kamera dan kamera 360 derajat ini mau ditampilkan saat GIIAS 2020, namun semuanya diundur gara-gara Covid-19," ucap Werry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com