Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota All New Voxy Saat Dipakai Harian?

Kompas.com - 21/05/2022, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota All New Voxy meluncur dengan berbagai ubahan pada eksterior, interior, dan fitur yang semakin canggih. Selain itu, sektor mesin juga mengalami perubahan.

Mesin yang baru ini memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Toyota membekali Voxy dengan mesin berkode M20A-FKS yang disandingkan platform Toyota New Global Architechture (TNGA).

Baca juga: Menguji Performa Mesin Baru Toyota All New Voxy

Mesin tersebut memiliki konfigurasi 4-silinder, 16 katup, DOHC, dan berkapasitas 2.000 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 168 Tk pada 6.600 rpm dan torsi 202 Nm pada 4.900 rpm.

Mesin Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Mesin Toyota All New Voxy

Voxy juga dibekali dengan teknologi Dynamic Force Engine yang sama dengan All New Camry. Kelebihannya adalah membuat mesin lebih bertenaga, tapi juga irit bahan bakar.

Untuk pengetesan konsumsi BBM di dalam kota atau penggunaan harian, test driver Kompas.com mencatatkan 10,3 Kilometer per liter pada layar instrumen.

Konsumsi BBM tersebut didapat dengan kecepatan rata-rata 20 Kilometer per jam hingga 25 Kilometer per jam, dengan jarak tempuh 30 Kilometer.

Baca juga: Mengulik Kecanggihan Fitur Toyota All New Voxy

Rute yang dilalui cukup beragam, mulai dari kondisi lalu lintas yang macet, lancar, tanjakan, dan turunan. Selain itu, bobot yang dibawa juga ada di kisaran 100 Kilogram.

Mesin Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Mesin Toyota All New Voxy

Teknik berkendara yang digunakan juga normal, bukan eco driving. Artinya, tidak berpatokan pada kecepatan tertentu. Sesekali juga mobil ini dipacu performanya saat menemui jalanan yang lengang.

Dengan hasil 10,3 Kilometer per jam, Toyota All New Voxy bisa dikatakan cukup irit. Apalagi, mengingat bobot mobil yang cukup berat dengan kapasitas mesin yang juga cukup besar, yakni 2.000 cc.

Eksterior Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Eksterior Toyota All New Voxy

Namun, perlu diketahui, konsumsi BBM tiap mobil akan berbeda, tergantung dari gaya berkendara, kondisi lalu lintas, kondisi cuaca, tekanan udara, bobot yang dibawa, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com