Kompas.com - 21/05/2022, 11:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Anda yang baru saja pulang dari perjalanan mudik menggunakan sepeda motor, wajib mengecek ketinggian oli mesin. Pasalnya, oli rawan susut usai dipakai turing antar kota.

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta mengatakan, kondisi oli mesin rentan mengalami perubahan setelah dipakai perjalanan jauh.

“Sangat mungkin mengalami banyak penyusutan. Oleh sebab itu, cek kapasitas atau volume oli mesin setelah dipakai mudik," ujar Rendra, kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Bayar Tol Tak Perlu Lagi Berhenti, MLFF Segera Gantikan Kartu Tol

AHM hadirkan Bale Santai Honda, AHASS Siaga, dan AHASS Jaga untuk temani konsumen di momen lebaran Idul Fitri 1443 H

Foto: Honda AHM hadirkan Bale Santai Honda, AHASS Siaga, dan AHASS Jaga untuk temani konsumen di momen lebaran Idul Fitri 1443 H

Menurutnya, penyusutan volume oli mesin dalam jumlah banyak bisa membuat pelumasan pada komponen mesin motor menjadi tidak maksimal.

Bahkan, apabila dibiarkan bakal terjadi keausan pada komponen mesin yang butuh lebih banyak biaya untuk perbaikan.

Rendra menambahkan, ada beberapa hal yang menyebabkan volume oli mesin bisa berkurang lebih banyak ketika motor dipakai turing jarak jauh.

Baca juga: Tesla Bangun Pabrik di Batang Jawa Tengah pada Tahun Ini

"Saat turing itu kan motor menempuh jarak yang lebih panjang dalam satu waktu penggunaan. Itu yang membuat penguapan pada oli mesin lebih mudah terjadi," ucap Rendra.

Kemudian pada saat liburan, kondisi jalan juga cenderung lebih padat. Belum lagi macet yang bikin suhu mesin tinggi, serta bikin penguapan juga jadi lebih cepat.

"Sebenarnya penyusutan volume oli mesin setelah motor digunakan jarak jauh itu hal yang normal. Tinggal dicek saja dan lakukan penggantian atau penambahan setelah pulang turing," kata Rendra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.