Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Konsumsi BBM Toyota All New Voxy Diajak ke Luar Kota

Kompas.com - 21/05/2022, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak penyempurnaan yang dilakukan pada Toyota All New Voxy. Dimulai dari eksterior, interior, fitur, hingga sektor mesinnya.

Multi purpose vehicle (MPV) ini sudah menggunakan mesin baru dengan kode M20A-FKS. Tenaganya mencapai 168 tk pada 6.600 rpm dan torsinya 202 Nm pada 4.900 rpm.

Baca juga: Menguji Performa Mesin Baru Toyota All New Voxy

Mesinnya memiliki peningkatan tenaga dibanding model sebelumnya. Tapi, sekarang dengan adanya teknologi Dynamic Force Engine, meski lebih bertenaga, tapi juga lebih irit bahan bakar.

Mesin Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Mesin Toyota All New Voxy

Untuk mengujinya, Kompas.com mengajak All New Voxy untuk berkendara menggunakan jalan bebas hambatan alias jalan tol. Hasilnya, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang dihasilkan cukup menakjubkan.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan test driver Kompas.com, pada layar instrumen All New Voxy tercatat konsumsi BBM 17,4 Kilometer per liter, untuk penggunaan di jalan tol.

Baca juga: Mengulik Kecanggihan Fitur Toyota All New Voxy

Pengetesan dilakukan dengan menempuh jarak hingga 140 Kilometer, dengan rata-rata kecepatannya adalah 70 Kilometer per jam hingga 80 Kilometer per jam. Sementara, kondisi lalu lintas yang ada di jalan tol terbilang lancar, hanya sedikit mengalami perlambatan.

Eksterior Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Eksterior Toyota All New Voxy

Teknik berkendara yang digunakan normal, layaknya berkendara harian, dan bukan dengan teknik eco driving. Bobot penumpang yang dibawa juga hanya 100 Kilogram.

Hasil tersebut bisa dikatakan sangat irit untuk MPV sekelas Voxy. Apalagi, mengingat mesinnya yang berkapasitas 2.000 cc.

Tapi, perlu diingat bahwa konsumsi BBM tiap mobil bisa saja berbeda. Sebab, banyak faktor yang menjadi penentunya, seperti gaya berkendara, kondisi lalu lintas, kondisi cuaca, beban di dalam kabin, tekanan udara pada ban, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com