Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New Toyota Voxy Pakai Fitur Keselamatan TSS 3.0, Ini Kelebihannya

Kompas.com - 20/02/2022, 08:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jadwal peluncuran Toyota Voxy terbaru di Indonesia terbilang cukup cepat. Sebab sebelum PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan mobil ini secara virtual pada Kamis (17/2/2022), Voxy baru saja mengaspal di Jepang pada Januari lalu.

Bicara soal harga, Voxy terbaru mengalami kenaikan harga sekitar Rp 47 jutaan, dari sebelumnya Rp 510,8 juta, menjadi Rp 558,2 juta.

Dengan peningkatan harga tersebut, Toyota memberikan sejumlah ubahan pada MPV pintu geser ini. Mulai dari platform baru, mesin baru, hingga fitur-fitur yang semakin canggih.

Baca juga: Pasokkan Alphard Terus Berkurang, Ini Penjelasan Toyota Indonesia

Toyota All New VoxyTAM Toyota All New Voxy

Di samping punya banyak fitur baru, Toyota membekali Voxy dengan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

TSS 3.0 merupakan varian yang lebih canggih dari fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) Toyota Safety Sense yang hadir di Indonesia.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengatakan, Voxy dihadirkan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang mencari MPV Premium dengan teknologi safety terbaik di kelasnya.

Baca juga: Siap Meluncur, Hyundai Stargazer Tertangkap Kamera Lagi Tes Jalan

All New Toyota Voxyhttps://global.toyota All New Toyota Voxy

“Sebagai model pertama Toyota di Indonesia yang mengadopsi platform dan mesin TNGA, serta teknologi TSS 3.0, dan didukung dengan berbagai layanan mobilitas, kami harap All New Voxy dapat menghadirkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam bermobilitas,” ujar Anton, dalam keterangan tertulis (17/2/2022).

Secara kapabilitas, TSS 3.0 memiliki kemampuan semi otonom yang serupa dengan TSS 2.0 pada Corolla Altis dan Camry.

Antara lain fitur Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Automatic High Beam (AHB).

Baca juga: Adiknya Rossi Sebut Sirkuit Mandalika Punya Tikungan Terbaik di Dunia

Toyota All New VoxyTAM Toyota All New Voxy

Namun terdapat perbedaan besar antara TSS 3.0 dan TSS 2.0, di mana terdapat pada performa sensor dan kemampuan deteksi TSS 3.0 yang lebih baik.

Contohnya sensor kamera pada TSS 3.0 memiliki ruang deteksi atas-bawah dan kiri-kanan yang lebih luas, mampu mendeteksi objek bergerak di jarak yang lebih dekat, dan memiliki kemampuan 3D Recognition.

Kemudian Pre-Collision System TSS 3.0 disebut dapat mengurangi kecepatan dan mendeteksi pejalan kaki atau pesepeda lebih baik dari TSS 2.0.

Baca juga: VW Bakal Bawa T-Cross ke Indonesia, Jadi Pesaing Rocky-Raize

All New Toyota VoxyTAM All New Toyota Voxy

Di samping itu, DRCC TSS 3.0 dapat mengatur jarak aman dalam empat tahap berbeda dan lebih baik dalam mendeteksi kecepatan mobil kedua di depan.

Akan tetapi, TSS 3.0 belum memasukkan fitur-fitur TSS Toyota Voxy versi Jepang seperti Proactive Driving Assist.

Selain Proactive Driving Assist, fitur-fitur Toyota Teammate seperti Advanced Drive dan Advanced Park juga masih absen pada Voxy versi Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com