Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Toyota Produksi Mobil Hybrid di Indonesia, Pakai Model yang Sudah Ada

Kompas.com - 20/05/2022, 17:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam waktu dekat akan memproduksi mobil hybrid. Bahkan di pabrik Karawang, sudah dibuat line produksi untuk kendaraan elektrifikasi tersebut.

Pada line produksi mobil hybrid, disiapkan juga engineer dan teknisi sambil belajar memproduksi model terbaru. Sehingga nantinya, produksi kendaraan elektrifikasi akan lancar saat mulai berlangsung.

Toyota Indonesia sendiri memiliki strategi yang berbeda untuk ikut serta mengurangi emisi carbon. Hal tersebut pun dijelaskan oleh Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN.

Baca juga: Kesiapan Toyota Indonesia Produksi Mobil Hybrid di Pabrik Karawang

Mobil konsep andalan Toyota Kijang Innova BEV konsep study diboyong ke IIMS Hybrid 2022.KOMPAS.com/Stanley Mobil konsep andalan Toyota Kijang Innova BEV konsep study diboyong ke IIMS Hybrid 2022.

"Strategi kita sekarang, mobil yang ada di-elektrifikasikan sehingga meminimalisir disturbance," ucap Bob di Karawang, Kamis (19/5/2022).

Bob menjelaskan, jika misalnya langsung mengimpor mobil lalu dicoba untuk lokalisasi dengan diproduksi di Indonesia, prosesnya akan lebih panjang.

"Sedangkan kalau elektrifikasi produk yang sudah ada, pertama image masarakat kan sudah lekat, pemasok juga masih punya, paling berapa yang di-switch," kata Bob.

Baca juga: Tesla Bangun Pabrik di Batang Jawa Tengah pada Tahun Ini


Bob juga menyampaikan, dari kendaraan biasa menuju elektrifikasi perlu dilakukan edukasi secara bertahap ke masyarakat. Mulai dari apa saja keunggulannya, emisi karbon yang berkurang, hemat bahan bakar, dan lainnya.

"Kita edukasi konsumen, dengan adanya model baru konsumsi bbmnya lebih hemat. Gimana penerimaan konsumen? Sama aja kaya dari manual ke matik, itu kan ada tahapannya, proses edukasi masyarakat mengenai teknologi produk baru," kata Bob.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com