Salin Artikel

Strategi Toyota Produksi Mobil Hybrid di Indonesia, Pakai Model yang Sudah Ada

KARAWANG, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam waktu dekat akan memproduksi mobil hybrid. Bahkan di pabrik Karawang, sudah dibuat line produksi untuk kendaraan elektrifikasi tersebut.

Pada line produksi mobil hybrid, disiapkan juga engineer dan teknisi sambil belajar memproduksi model terbaru. Sehingga nantinya, produksi kendaraan elektrifikasi akan lancar saat mulai berlangsung.

Toyota Indonesia sendiri memiliki strategi yang berbeda untuk ikut serta mengurangi emisi carbon. Hal tersebut pun dijelaskan oleh Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN.

"Strategi kita sekarang, mobil yang ada di-elektrifikasikan sehingga meminimalisir disturbance," ucap Bob di Karawang, Kamis (19/5/2022).

Bob menjelaskan, jika misalnya langsung mengimpor mobil lalu dicoba untuk lokalisasi dengan diproduksi di Indonesia, prosesnya akan lebih panjang.

"Sedangkan kalau elektrifikasi produk yang sudah ada, pertama image masarakat kan sudah lekat, pemasok juga masih punya, paling berapa yang di-switch," kata Bob.

Bob juga menyampaikan, dari kendaraan biasa menuju elektrifikasi perlu dilakukan edukasi secara bertahap ke masyarakat. Mulai dari apa saja keunggulannya, emisi karbon yang berkurang, hemat bahan bakar, dan lainnya.

"Kita edukasi konsumen, dengan adanya model baru konsumsi bbmnya lebih hemat. Gimana penerimaan konsumen? Sama aja kaya dari manual ke matik, itu kan ada tahapannya, proses edukasi masyarakat mengenai teknologi produk baru," kata Bob.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/20/171200415/strategi-toyota-produksi-mobil-hybrid-di-indonesia-pakai-model-yang-sudah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.