Kompas.com - 20/05/2022, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk Menghindari calo bus bisa dilakukan dengan memesan tiket sebelum hari pemberangkatan. Penumpang juga dapat memesan langsung ke agen resmi yang biasanya ada di setiap kota keberangkatan.

Pun, bisa juga melalui portal tiket online yang sudah bekerjasama dengan Perusahaan Otobus (PO).

Dengan begitu, calon penumpang dapat memotong alur pemesanan yang biasanya dimanfaatkan oleh para calo yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Berapa Sih Bayar Pajak Tahunan Bus di Indonesia?

Namun, bagaimana bila anda terpaksa memesan tiket di terminal di hari keberangkatan?

Eka Putra Prasetya, Ketua komunitas bus Rosalia Indah Mania Korwil Jakarta mengatakan, bahwa ada beberapa tips agar bisa terhindar dari ulah colo di terminal. Memanfaatkan fungsi petugas terminal bisa menjadi pilihan bijak untuk menghindari teror dari calo.

"Penumpang bisa langsung mencari petugas dishub yang biasanya bertugas di terminal," jelas Eka kepada Kompas.com berlum lama ini.

Sejumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi tiba di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pasa Sabtu (7/5/2022) pukul 20.20 WIB.Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Sejumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi tiba di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pasa Sabtu (7/5/2022) pukul 20.20 WIB.

Calo biasa menggunakan kedok menawarkan informasi sebelum kemudian mengarahkan pada keuntungan pribadi yang bisa diambil dari calon penumpang. Oleh karena itu, menurut Eka akan lebih aman bila mencari informasi dengan langsung ke petugas resmi yang bertugas.

Baca juga: Beda Fungsi Foot Rest dan Leg Rest di Bus AKAP

"Bila mencari informasi bisa langsung ke petugas, karena petugas dishub di terminal sudah pasti mengetahui seluk beluk informasi yang tentunya valid," ucap dia.

Bila masih merasa belum aman dengan informasi yang dipaparkan oleh petugas di terminal, calon penumpang bisa meminta tolong juga untuk minta diantarkan ke PO resmi, tanpa harus takut tertipu oleh calo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.