Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Menghindari Calo Tiket Bus di Terminal

Kompas.com - 20/05/2022, 11:02 WIB
Zulfana Khoirur Rijal,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk Menghindari calo bus bisa dilakukan dengan memesan tiket sebelum hari pemberangkatan. Penumpang juga dapat memesan langsung ke agen resmi yang biasanya ada di setiap kota keberangkatan.

Pun, bisa juga melalui portal tiket online yang sudah bekerjasama dengan Perusahaan Otobus (PO).

Dengan begitu, calon penumpang dapat memotong alur pemesanan yang biasanya dimanfaatkan oleh para calo yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Berapa Sih Bayar Pajak Tahunan Bus di Indonesia?

Namun, bagaimana bila anda terpaksa memesan tiket di terminal di hari keberangkatan?

Eka Putra Prasetya, Ketua komunitas bus Rosalia Indah Mania Korwil Jakarta mengatakan, bahwa ada beberapa tips agar bisa terhindar dari ulah colo di terminal. Memanfaatkan fungsi petugas terminal bisa menjadi pilihan bijak untuk menghindari teror dari calo.

"Penumpang bisa langsung mencari petugas dishub yang biasanya bertugas di terminal," jelas Eka kepada Kompas.com berlum lama ini.

Sejumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi tiba di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pasa Sabtu (7/5/2022) pukul 20.20 WIB.Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Sejumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi tiba di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pasa Sabtu (7/5/2022) pukul 20.20 WIB.

Calo biasa menggunakan kedok menawarkan informasi sebelum kemudian mengarahkan pada keuntungan pribadi yang bisa diambil dari calon penumpang. Oleh karena itu, menurut Eka akan lebih aman bila mencari informasi dengan langsung ke petugas resmi yang bertugas.

Baca juga: Beda Fungsi Foot Rest dan Leg Rest di Bus AKAP

"Bila mencari informasi bisa langsung ke petugas, karena petugas dishub di terminal sudah pasti mengetahui seluk beluk informasi yang tentunya valid," ucap dia.

Bila masih merasa belum aman dengan informasi yang dipaparkan oleh petugas di terminal, calon penumpang bisa meminta tolong juga untuk minta diantarkan ke PO resmi, tanpa harus takut tertipu oleh calo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com