Tips Memilih Bus Pariwisata yang Aman dan Nyaman

Kompas.com - 18/05/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus pariwisata masih menjadi pilihan orang saat mau bepergian dalam jumlah peserta yang banyak. Minimal belasan orang bisa terangkut dalam sekali jalan, sehingga tidak ada ceritanya ketinggalan rombongan.

Namun memilih bus pariwisata yang bagus juga menjadi hal yang krusial. Jangan sampai malah jadi korban penipuan atau paling parah terlibat kecelakaan karena armada dan pengemudinya yang kurang berpengalaman.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, ada beberapa tips yang bisa digunakan ketika ingin memilih bus pariwisata. Pertama adalah cari track record dari PO bus dan pengalaman pengemudinya.

Baca juga: Bus Pariwisata Terbalik Saat Dipakai Mudik, Pengemudi Harus Tahu Medan

Lokasi kecelakaan bus pariwisata d tol Sumo, Senin (16/5/2022) pagi.Dokumentasi Ditlantas Polda Jatim Lokasi kecelakaan bus pariwisata d tol Sumo, Senin (16/5/2022) pagi.

"Biasanya dari track record ketahuan, driver berpengalaman atau tidak. Lalu tanya juga untuk medan yang mau dilalui, ada kesulitan enggak buat busnya,” ucap Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Perihal rute untuk bus pariwisata adalah hal krusial. Sering terjadi kasus kecelakaan bus pariwisata karena pengemudinya tidak mengetahui atau menguasai jalan yang dilewati.

Jadi ketika memilih bus, pastikan pengemudinya tahu dan mampu jika melewati jalanan tertentu. Sedangkan untuk track record perusahaan, bisa dilihat dari unit-unit yang ada, terawat atau tidak.

Baca juga: Pulang Mudik Pakai Motor, Jangan Lupa Cek Kondisi Pengereman

Selain itu, bisa dicari tahu juga apakah bus tersebut punya sejarah yang baik atau tidak. Misalnya sangat memerhatikan keselamatan dan jarang mengalami kecelakaan yang fatal.

“Kumpulkan informasi bus tersebut dengan tanya sama orang lain yang pernah pakai jasanya. Bisa juga cek instagram jika ada atau lihat review di google,” kata Dimas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.