Nomor Rossi 46 Pensiun dari MotoGP, Pebalap Lain Dilarang Pakai Nomor Ini

Kompas.com - 15/05/2022, 09:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Legenda MotoGP Valentino Rossi sudah pensiun usai musim 2021. Kini nomor keramat yang dipakainya yaitu #46 juga akan dipensiunkan dari ajang MotoGP.

Artinya ke depan nomor #46 tidak boleh lagi dipakai oleh pebalap lain. Hal ini untuk menghormati karier panjang Rossi yang berhasil menjad juara dunia sembilan kali.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Perancis, Zarco Ungguli Para Pebalap

Valentino Rossi di atas motor balap 500 cc 2-takAFP/YOAV LEMMER Valentino Rossi di atas motor balap 500 cc 2-tak

Seremoni akan dilakukan di Sirkuit Mugello, yakni saat GP Italia yang berlangsung pada akhir Mei 2022. Upacara akan dilakukan pada hari sabtu sebelum balapan minggu.

"Rossi akan hadir sebagai warisannya dihormati dan nomornya pensiun, setelah membalap dengan nomor #46," tulis pernyataan MotoGP, dikutip Sabtu (14/5/2022).

The Doctor merupakan legenda MotoGP. Selama kariernya dia mengoleksi sembilan gelar, 115 kemenangan dan 235 podium di semua kelas.

Baca juga: Kebiasaan Tinggalkan Powerbank di Kabin Mobil Bisa Sebabkan Kebakaran

Max Biaggi dan Valentino Rossi.  AFP PHOTO/Filippo MONTEFORTE (Photo by FILIPPO MONTEFORTE / AFP)FILIPPO MONTEFORTE Max Biaggi dan Valentino Rossi. AFP PHOTO/Filippo MONTEFORTE (Photo by FILIPPO MONTEFORTE / AFP)

Rossi dianggap sebagai tokoh yang ikut mempopulerkan MotoGP di era modern. Dia pemain kunci dalam mendefinisikan ulang olahraga balap motor kepada jutaan penggemar di seluruh dunia.

Rossi pensiun pada akhir musim 2021. Pebalap asal Italia itu kemudian dilantik ke dalam MotoGP Legends Hall of Fame di Valencia, Spanyol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber MotoGP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.