Long Weekend, Simak Titik Rawan Macet di Kota Bandung

Kompas.com - 15/05/2022, 07:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Bandung merupakan salah satu daerah destinasi wisata pilihan tiap akhir pekan maupun libur panjang seperti saat ini, yakni selama 14-16 Mei 2022.

Oleh karena itu, polisi setempat akan melakukan antisipasi kepadatan dan kemacetan di wilayah terkait. Berdasarkan studi, sudah ada sejumlah titik rawan kemacetan dan upaya cara bertindak bila kepadatan terjadi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar Polisi Ariek Indra Sentanu menjelaskan sejumlah titik rawan yang akan diantisipasi jelang libur panjang akhir pekan ini.

Salah satunya jalur menuju kawasan wisata Lembang yaitu Jalan Sukajadi dan Jalan Setiabudi.

Baca juga: Kenali Penyebab Motor Bisa Terbakar

Arus kendaraan dari arah Limbangan menuju Bandung padat saat melintasi kawasan Limbangan setelah Pasar LimbanganKOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANG Arus kendaraan dari arah Limbangan menuju Bandung padat saat melintasi kawasan Limbangan setelah Pasar Limbangan

Ia menjelaskan, nantinya personil kepolisian bakal ditempatkan di jalur itu untuk memantau kondisi lalu lintas dan menyiapkan langkah-langkah strategis rekayasa arus lalu lintas jika terjadi kemacetan, seperti one way hingga kanalisasi jalur masuk.

"One way di Jalan Setiabudi dekat Jalan Cemara dilakukan situasional," kata Ariek melalui keterangannya, Sabtu (14/5/2022).

Selain itu, polisi juga melarang parkir sembarangan di sejumlah titik keramaian, seperti di Jalan Dr Djunjunan, Jalan Taman Sari dekat Obyek wisata Bandung Zoo atau kebun Binatang, Jalan Ir H Djuanda, dan Jalan Asia Afrika.

Jalur ini merupakan kawasan destinasi yang paling digemari wisatawan untuk berinteraksi secara sosial hingga liburan bersama keluarga.

"Kawasan Asia Afrika kita tempatkan personil dan kanalisasi penyeberang jalan," kata dia.

Kemudian, di jalur Pasir Kaliki tepatnya di depan mal Paskal, polisi juga akan melakukan buka tutup pintu masuk hingga kanalisasi jalur masuk menuju mal atau pusat perbelanjaan.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Perancis, Enea Bastianini Start Pertama

Prediksi arus balik di kawasan Nagreg akan mengalami puncaknya pada malam ini, Minggu (8/5/2022) atau H+6. Namun Polresta Bandung memprediksi bakal ada arus balik susulan, mengingat libur sekolah yang tadinya hingga 9 Mei diperpanjang sampai 12 Mei 2022.KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Prediksi arus balik di kawasan Nagreg akan mengalami puncaknya pada malam ini, Minggu (8/5/2022) atau H+6. Namun Polresta Bandung memprediksi bakal ada arus balik susulan, mengingat libur sekolah yang tadinya hingga 9 Mei diperpanjang sampai 12 Mei 2022.

Kanalisasi juga dilakukan di Jalan Raya Cibiru, sebagai salah satu upaya cara bertindak apabila terjadi kemacetan. Upaya kepolisian ini tentunya akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Hal itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara atau pengguna jalan saat libur panjang mendatang

"Semoga rangkaian kegiatan pengamanan long weekend perayaan Waisak 2022 berjalan dengan aman dan lancar," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.