Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Aman Mengendarai Motor di Jalan Berlubang

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di jalan raya tidak selamanya mulus, masih banyak permukaan rusak yang mau tidak mau harus dilalui. 

Saat melintasi jalan yang berlubang, pengendara sepeda motor memerlukan teknik dasar berkendara yang baik dan benar. Hal ini agar perjalanan tetap aman saat melewati kondisi jalan tersebut.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ludhy Kusuma Robby mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan pengendara motor ketika melalui jalanan berlubang.

"Pastikan ketika melewati jalanan tersebut pengendara harus berada dalam keadaan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan," ujar Ludhy kepada Kompas.com.

Lalu, gunakan selalu kecepatan yang rendah dalam keadaan jalan seperti ini dan selalu melihat speedometer untuk menjaga kecepatan kendaraan agar tetap dalam batas kecepatan wajar.

Ludhy menjelaskan, jika cara tersebut bertujuan mengurangi guncangan yang diterima oleh motor dan badan pengendara. Apabila terlalu besar, maka pengendara motor rentan mengalami kecelakaan.

Bukan hanya itu, tapi penglihatan juga harus fokus pada arah tujuan ketika berkendara. Kemudian, pastikan kendali setang lebih kuat agar motor bisa terkendali dengan baik ketika melewati jalan yang berlubang.

”Jangan lupa untuk selalu menggunakan riding gear yang aman dan nyaman agar mengurangi resiko cedera ketika mengalami kecelakaan. Sebelum berkendara, pastikan menggunakan selalu helm, jaket, dan masker saat berkendara untuk selalu aman,” kata Ludhy.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/14/100200215/cara-aman-mengendarai-motor-di-jalan-berlubang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke