3 Cara Jaga Performa Mobil Agar Tak Menurun Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 13/05/2022, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas masih melanda sejumlah daerah di Indonesia. Bagi pengguna roda empat, jangan terlena dengan dinginnya AC mobil di kabin.

Pasalnya, di saat yang sama, terutama siang hari, panas ekstrem di luar cukup menyiksa untuk ruang di balik kap mobil.

Menurut Rusdy Sopiandi, pemilik bengkel Fendryss, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, efek cuaca panas di beberapa kondisi bisa membuat performa mobil menurun.

“Bahkan kalau panasnya sudah parah dan merusak komponen pendingin, mobil bisa terlampau panas atau dikenal dengan overheat,” ujar Rusdy belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Rem Blong, Truk Tabrak Sepeda Motor di Bantargebang

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama musim belum berganti menjadi hujan. Setidaknya, perhatikan tiga hal berikut ini.

1. Perhatikan sistem pendingin.

Usahakan semua beroperasi normal untuk menjaga suhu tetap stabil.

“Komponen ini terdiri dari radiator, motor fan radiator, motor fan AC, dan sirkulasi air pendingin. Inilah komponen utama yang selalu bermusuhan dengan panas,” kata Rusdy.

Pengecekan harus dilakukan sebab oli memiliki peran penting bagi kendaraan yaitu memberikan lapisan komponen saat bergesekan agar tidak cepat aus dan rusak.Foto: Peugeot Pengecekan harus dilakukan sebab oli memiliki peran penting bagi kendaraan yaitu memberikan lapisan komponen saat bergesekan agar tidak cepat aus dan rusak.

2. Sistem pelumasan.

Sebaiknya menggunakan pelumas atau oli sesuai kriteria mesin. Atau pilih oli yang bisa tahan dengan suhu tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.