Yamaha Minta Laporkan Oknum Sales yang Persulit Beli Motor Tunai

Kompas.com - 11/05/2022, 18:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika membeli sepeda motor baru, konsumen biasanya bakal dikasih pilihan untuk membeli secara kontan ata kredit. Namun, belakangan opsi membeli secara kredit lebih sering digaungkan oleh tenaga penjual.

Seperti Yamaha Fazzio yang sukses mencuri perhatian masyarakat. Bahkan inden skutik entry level ini terus mengular.

Salah satu konsumen awal Fazzio asal Bogor, ARK, menceritakan inden lama yang mesti dirasakan untuk menunggu motor bergaya retro modern itu untuk bisa sampai ke garasi.

Baca juga: Inden Fazzio Sampai 2 Bulan, Ini Penjelasan Yamaha

Fazzio Owner Club Indonesia (FOCI)Foto: Yamaha Fazzio Owner Club Indonesia (FOCI)

"Waktu itu saya beli Januari 2022. Ketemu di pameran dan ingin beli Fazzio karena sudah incar. Saya beli cash, dari Januari booking itu bilangnya seminggu sampai sebulan, tapi saya baru terima unit tengah Maret, jadi kurang lebih dua bulan," kata ARK kepada Kompas.com, Rabu (11/5/2022).

Mirisnya antrean inden ini dimanfaatkan tenaga penjual Yamaha untuk mendahulukan pembelian secara kredit ketimbang kontan alias cash.

Menanggapi hal ini, Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, konsumen diimbau sabar menunggu.

Baca juga: Mau Beli Yamaha Fazzio? Indennya Sampai 2 Bulan

Menurutnya, Yamaha bakal berusaha secepatnya mengirimkan Fazzio kepada konsumen sesuai dengan antrean di masing-masing diler.

“Soal dipersulit pembelian cash kalau memang ada oknum dealer yang melakukan hal tersebut, silahkan dilaporkan ke call center Yamaha,” ujar Anton, kepada Kompas.com (11/5/2022).

Anton menambahkan, pihaknya tidak pernah membedakan konsumen yang membeli baik secara tunai maupun kredit.

Baca juga: Mitos atau Fakta Jalan Aspal Beton Bikin Ban Mobil Cepat Botak?

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

“Apabila ada konsumen yang merasa dipersulit dalam hal pembelian, khususnya secara cash oleh oknum salesman diler, laporkan saja kepada kami. Akan kami tindak lanjuti. Sertakan juga bukti-buktinya,” kata dia.

Anton juga mengatakan, konsumen yang merasa tidak puas dengan pelayanan Yamaha dapat menghubungi Call Center Yamaha di 021-24575555 atau 021-4618000.

Selain itu, dapat juga melalui email di contact_center@yamaha-motor.co.id dengan menyertakan bukti nama diler, tenaga penjual, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.