Kompas.com - 10/05/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim pabrikan Yamaha masih percaya dengan Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Namun, tim satelitnya, WithU RNF, belum menetapkan pilihan untuk musim depan.

Posisi Andrea Dovizioso dan Darryn Binder untuk musim depan cukup terancam. Apalagi, keduanya terlihat jauh dari kompetitif selama beberapa seri musim 2022 yang sudah berjalan ini.

Baca juga: Fabio Quartararo Tetap Bersama Yamaha sampai Musim 2024

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, mengatakan, dirinya sudah berbicara dengan banyak manajer pebalap. Tujuannya untuk mengetahui perkembangan bursa transfer sekarang ini.

Celestino Vietti saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022. (Photo by Juan MABROMATA / AFP)JUAN MABROMATA Celestino Vietti saat berlaga pada MotoGP Argentina 2022. (Photo by Juan MABROMATA / AFP)

"Itu adalah bagian dari pekerjaan saya. Saya perlu tahu apa yang terjadi di bursa transfer pebalap," ujar Lin Jarvis, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (10/5/2022).

Lin Jarvis mengatakan, dia perlu tahu apa yang direncanakan oleh Honda. Apakah akan berpisah dengan pebalapnya dan mengincar pebalap Yamaha atau tidak.

Baca juga: Dovi Sebut Yamaha Fokus Puaskan Quartararo

Dia juga mengatakan tertarik dengan situasi di Suzuki. Bahkan, sebelum muncul kabar tim pabrikan tersebut akan hengkang dari MotoGP di akhir musim ini.

Celestino Vietti saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Celestino Vietti saat berlaga pada MotoGP Amerika 2022. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

"Saya bicara dengan semua manajer pebalap, kecuali dengan empat pebalap HRC dan dua lainnya. Saya sekarang tahu cukup baik apa yang terjadi di pasar. Sebab, manajernya juga orang yang kami kenal," kata Lin Jarvis.

Menurutnya, yang memiliki peluang cukup besar untuk masuk MotoGP adalah pebalap Moto2, Celestino Vietti, dan juara dunia World Superbike (WorldSBK) 2021, Toprak Razgatlioglu.

"Vietti bisa menjadi pilihan. Tapi, saya pikir dia juga bisa dipertimbangkan oleh Mooney VR46 Team. Saya tidak tahu jika mereka masih memiliki tempat untuknya di tim, karena sudah ada Luca Marini dan Marco Bezzecchi," ujar Lin Jarvis.

Penjelasan teknik stoppie yang dilakukan Toprak RazgatliogluDok. Brembo Penjelasan teknik stoppie yang dilakukan Toprak Razgatlioglu

Dia menambahkan, akan sulit bagi VR46 untuk mencari tempat bagi Vietti. Pebalap yang sekarang ada di puncak klasemen sementara Moto2 2022 ini termasuk yang menarik.

Sedangkan Toprak, sebelumnya manajernya sudah mengatakan hanya tertarik jika masuk tim pabrikan. Padahal, bisa saja Yamaha menempatkannya di RNF dengan dukungan tim pabrikan, seperti Valentino Rossi.

"Jika dia tidak menerimanya, akan ada dua opsi.. Entah Toprak akan membalap untuk tim lain atau dia tetap di Superbike. Tergantung dia yang memutuskan," kata Lin Jarvis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.