Contraflow dan One Way di Tol Semarang-Jakarta Dihentikan

Kompas.com - 09/05/2022, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur Tol Semarang-Jakarta maupun sebaliknya kembali dinormalkan pada Senin (9/5/2022) pukul 02.30 WIB.

Penerapan rekayasa lalu lintas one way di tengah arus balik mudik lebaran 2022 itu dihentikan lantaran kepadatan volume kendaraan mulai terurai.

“Akan dilaksanakan penormalan rekayasa lalu lintas one way. Agar segera mempersiapkan diri,” ujar Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Masa Berlaku STNK Habis Saat Libur Lebaran, Ada Dispensasi Hari Ini

Adapun proses penormalan di jalur Tol Semarang-Jakarta membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Sehingga setelah penormalan kembali, rekayasa lalu lintas (lalin) one way dan contraflow ditiadakan di jalur Tol Semarang-Jakarta.

Sejumlah kendaraan roda empat melaju saat pemberlakuan kebijakan satu arah setelah melewati Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Trans Marga Jateng selaku pengelola Tol Semarang - Solo bersama pihak kepolisan memberlakukan kebijakan situasional satu arah dari gerbang tol tersebut menuju interchange Bawen sebagai upaya mengurai kepadatan kendaraan dari arah Jakarta yang akan menuju ke sejumlah wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.ANTARA FOTO/AJI STYAWAN Sejumlah kendaraan roda empat melaju saat pemberlakuan kebijakan satu arah setelah melewati Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Trans Marga Jateng selaku pengelola Tol Semarang - Solo bersama pihak kepolisan memberlakukan kebijakan situasional satu arah dari gerbang tol tersebut menuju interchange Bawen sebagai upaya mengurai kepadatan kendaraan dari arah Jakarta yang akan menuju ke sejumlah wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sebagai informasi, rekayasa lalin one way dimulai dari Km 428 Jalan Tol Semarang ABC sampai dengan Km 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada Minggu (8/5/2022).

Setelah penerapan one way, diberlakukan rekayasa contraflow dua jalur dari Km 72 sampai Km 28 Tol Japek arah Jakarta sejak pukul 18.05 WIB.

Baca juga: Jangan Pakai Cairan Ini untuk Membasmi Serangga di Kabin Mobil

Dengan diperpendeknya titik akhir one way di Km 72, pengguna jalan menuju arah Bandung dan sekitarnya bisa menggunakan Tol Japek tersebut dan melanjutkan perjalanan menuju Jalan Tol Cipularang.

Sedangkan bagi pengguna jalan yang menuju arah Cikampek, Cirebon dan Jawa Tengah, pengguna jalan bisa mengakses Tol Japek arah Cikampek dan keluar melalui Gerbang Tol Cikampek di Km 72 atau melalui Jalan Tol Cipularang dan melanjutkan perjalanan via jalan non tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.