Cara Mudah Menghilangkan Embun di Mobil Saat Berkendara

Kompas.com - 09/05/2022, 10:02 WIB
Ilustrasi kaca mobil. knowhow.napaonline.conIlustrasi kaca mobil.


JAKARTA, KOMPAS.com - Embun pada kaca mobil dapat mengganggu pandangan pengemudi saat berkendara. Jika visibilitas berkurang, aktivitas mengendarai mobil akan sangat berbahaya.

Embun akan membuat pengemudi sulit melihat dengan jelas. Tidak menutup kemungkinan, pada kondisi ini pengemudi rentan menabrak.

Kaca mobil yang berembun tidak hanya dipicu karena hujan saja. Perbedaan suhu di dalam kabin atau AC mobil yang bermasalah dapat membuat kaca mobil berembun

Baca juga: Viral Rombongan Pemain Sepatu Roda Lewat Jalan Raya, Ini Risiko Bahayanya

Beberapa mobil baru keluaran pabrik saat ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat digunakan untuk menghilangkan embun di kaca kendaraan.

Salah satu fitur yang sering dijumpai, yaitu garis-garis yang menempel pada kaca belakang mobil atau disebut dengan defogger.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan jika defogger berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca.

Ilustrasi defogger.yourmechanic.com Ilustrasi defogger.

“Ketika dinyalakan, maka kawat tipis berupa garis horizontal yang biasanya terpasang di kaca bagian belakang akan teraliri panas. Dengan demikian, embun yang sudah terbentuk akan hilang karena adanya panas dari kawat tersebut,” ujar Didi saat kepada Kompas.com. 

Cara lain untuk menghilangkan embun yaitu memainkan fungsi dari AC mobil. Pada saat hujan sebaiknya AC mobil tetap hidup agar embun di kaca menghilang.

Baca juga: Hindari Rem Blong di Turunan, Ini Cara Gunakan Rem pada Skutik

Kebiasaan mematikan AC agar tidak dingin saat berkendara ditengah hujan membuat kaca menjadi berembun. Baiknya, suhu AC berada di 23 derajat celcius tidak perlu penuh.

Menurut Didi, dengan suhu tersebut sudah mampu untuk menghilangkan embun pada kaca mobil terutama kaca depan.

“Menurut saya kipas paling kecil, dengan suhu sekitar 23 derajat celcius, sudah cukup aman tidak terlalu dingin dan tidak bikin embun,” katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.