Viral Rombongan Pemain Sepatu Roda Lewat Jalan Raya, Ini Risiko Bahayanya

Kompas.com - 08/05/2022, 18:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial, sebuah unggahan yang memperlihatkan rombongan komunitas pesepatu roda atau roller skate melintas di jalan raya, tepatnya di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Dalam postingan akun Twitter @pativ7 terlihat sekelompok pesepatu roda yang terdiri dari orang dewasa dan anak kecil melintasi lajur tengah Jalan Gatot Subroto. Mereka mengenakan atribut lengkap, seperti helm serta pelindung lutut.

Pada video tersebut juga terlihat beberapa pemain sempat sesekali menyalip kendaraan roda dua yang sedang melintas.

Baca juga: Video Pengemudi Mobil Sedan Lawan Arah, Ditegur Malah Acungkan Jari Tengah

Pengguna jalan yang berada di sekitar pesepatu roda itu pun membunyikan klakson karena merasa terganggu dengan adanya sekelompok pesepatu roda itu.

Jalanan jkt ini g cukup cm sepeda pleton, skating oleton juga ada.
Skating, d jalan raya, rombongan, ngalangin orang, marah kalo diklaksonin, bawa anak2 pula!,” tulis cuitan tersebut.

Terkait hal ini, tim redaksi sudah menghubungi Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. Namun, sayangnya belum ada jawaban.

Sementara itu, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, kejadian tersebut merupakan cerminan dari pengguna jalan yang kurang bijak dalam melihat adanya potensi bahaya.

"Sepatu roda atau roller skate itu harus digunakan pada trek khusus dan tidak boleh ada kerikil sedikitpun," ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/5/2022).

Menurut Sony, komunitas pesepatu roda biasanya melakukan aktifitas tersebut di area tertutup dan disapu terlebih dahulu sebelumnya agar bebas kerikil.

"Di jalan umum tidak bebas dari kerikil, banyak debu dan rodanya terbuat dari polyurethane (khusus jalan halus), sehingga tidak cocok digunakan di jalan aspal. Bisa sih tapi tidak nyaman," kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.