Sirkuit Formula E Ancol Masuk Tahap Finalisasi Temporary Structure

Kompas.com - 08/05/2022, 11:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Trek Formula E yang dibangun di kawasan Pantai Karnaval, tepat di sisi selatan Ancol Beach City (ABC Mall), sudah selesai, dan kini sedang tahap finalisasi yang lain.

Irawan Sucahyono, Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E - Jakpro, mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengerjakan pembangunan tahap tiga yaitu temporary structure.

"Jadi ada beberapa tahapan dalam jadwal kita, kalau di awal kita selesaikan trek semua, kemudian selesaikan fasilitas di luar trek, semua mengenai landscape dan lain-lain. Kemudian tahap ketiga, ini masuk ke temporary structure," kata Irawan kepada Kompas.com, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: One Way di Jalan Tol ke Jakarta Diperpanjang Sampai Waktu yang Belum Ditentukan

Pro dan kontra penyelenggaraan Formula E.DOK. Kompas.com Pro dan kontra penyelenggaraan Formula E.

Irawan menjelaskan, yang dimaksud temporary structure atau struktur sementara yaitu semua infrastruktur yang dibangun sebagai fasilitas penyelenggaraan balapan.

"Temporary structure adalah bagunan temporer yang dibuat (yaitu) tenda-tenda, termasuk pit box, pit building dan hospitality, dan (tempat duduk penonton)," katanya.

"Ini tempat yang paling bagus buat penonton, dan grandstand dengan tempat (melihat) yang sangat luas, jadi grandstand bisa melihat seluruhnya. Nah ini kita katakan sebagai temporary structure," katanya.

Irawan mengatakan, pembangunan fasilitas tersebut sedang berjalan dan akan selesai tepat waktu jadwal balap yang rencananya berlangsung pada 4 Juni 2022.

"Yang mulai dibangun saat ini, mulai dibangun saat ini sampai sebelum event, karena saat ini kan semuanya sifatnya pasang dan bongkar, jadi knock down," kata Irawan.

Baca juga: Masih Perlukah Ritual Injak Gas Sebelum Matikan Mesin Mobil?

Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). Pengaspalan Sirkuit Formula E sepanjang 2,4 kilometer dinyatakan telah rampung seluruhnya dan untuk penggunaannya tinggal menunggu persetujuan kelayakan dari Formula E Operation (FEO). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Foto udara lintasan Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) yang telah diaspal di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu(13/4/2022). Pengaspalan Sirkuit Formula E sepanjang 2,4 kilometer dinyatakan telah rampung seluruhnya dan untuk penggunaannya tinggal menunggu persetujuan kelayakan dari Formula E Operation (FEO). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Sirkuit Formula E Ancol punya panjang lintasan 2,4 km, lebar 12 meter dan jumlah 18 tikungan. Lebar trek 12 meter minimal dan di beberapa titik mencapai 20 meter cukup untuk mobil Formula E.

Irawan menyebut lebar trek 12 meter, mobil prototipe listrik tersebut masih punya cukup ruang untuk bisa menyalip lawan.

Mobil Formula E Gen 2 saat ini punya panjang sekitar 5,1 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1 meter, dan wheelbase 3,1 meter. Sedikit lebih kompak atau tidak selebar mobil Formula 1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.